Kamis, 21 Februari 2019 13:03 WITA

Dirjen Pendis Kemenag Tantang Alumni IAIN Parepare Jadi CEO Unicorn

Penulis: Hasrul Nawir
Editor: Mulyadi Abdillah
Dirjen Pendis Kemenag Tantang Alumni IAIN Parepare Jadi CEO Unicorn
Foto: IST

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama Prof Dr Phil H Kamaruddin Amin MA mengajak IAIN Parepare terus bekerja keras mencetak generasi berkualitas. Dia menyebut, alumni IAIN Parepare diharap semakin banyak yang menjajal industri rintisan berbasis teknologi atau biasa disebut start-up.

“Jika dikembangkan oleh generasi berkompeten, bukan tidak mungkin ke depan para alumni ini akan berhasil menjadi CEO Unicorn,” beber Prof Kamaruddin saat membawakan opini ilmiah disela Wisuda Perdana IAIN Parepare yang digelar di auditorium IAIN, Kamis (21/2/2019).

Menurut Prof Kamaruddin, Indonesia adalah negara yang memiliki karakter demografi yang potensial. Namun melimpahnya sumber daya itu tidak ada gunanya jika tidak dibina dan diberi bekal dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 dan society 5.0.

“Bonus demografi justru akan menjadi musibah jika kita sebagai negara dengan populasi terbesar ke-4 di dunia tidak bisa mencetak anak-anak bangsa, sesuai dengan kebutuhan zaman,” katanya.

“Alumni IAIN harus memiliki kompetensi, softskill untuk menghadapi era revolusi industri 4.0, kita tingkatkan salah satunya lewat pendidikan berkualitas,” jelas Guru Besar UIN Alauddin Makassar ini.

Istilah Unicorn belakaangan ramai diperbincangkan pasca debat kedua Capres beberapa hari yang lalu. Istilah tersebut sempat disinggung oleh Jokowi kepada Prabowo.

Unicorn merupakan sebutan untuk perusahaan start-up alias perusahaan rintisan yang bernilai di atas 1 miliar Dollar Amerika Serikat atau setara Rp 13,5 triliun. Di Indonesia, ada 4 Unicorn yang dikenal luas seperti Go jek, Traveloka, Bulapak dan Tokopedia.

Selain membawakan orasi ilmiah, Prof Kamaruddin juga melakukan peresmian Gedung auditorium IAIN Parepare yang menelan anggaran sebesar Rp17,5 miliar. 

Pesan Wakil Wali Kota Parepare

Loading...

Jumlah wisuda IAIN Parepare ini sebanyak 532 orang dari empat fakultas. Yaitu Fakultas Tarbiyah, Ekonomi dan Bisnis Islam, Hukum Syariah, dan Ushuluddin Adab dan Dakwah Komunikasi Islam. Alumni S1 berjumlah 511 orang, pascasarjana sebanyak 21 orang. Pada Wisuda perdana inipula, IAIN Parepare hasilkan 195 alumni yang berpredikat Cum-Laude atau dengan pujian.

Dirjen Pendis Kemenag Tantang Alumni IAIN Parepare Jadi CEO Unicorn

Wakil Wali Kota Pangerang Rahim yang turut menghadiri wisuda perdana itu mengucapkan selamat kepada civitas akademik IAIN Parepare yang telah berhasil mencetak sarjana.

“Terus mencetak SDM yang berkualitas yang mampu bersaing serta berintegritas pada pembangunan bangsa khususnya di Parepare ini,” terangnya.

Sementara, Kepada Wisudawan pihaknya mengucapkan selamat dan sukses telah menyelesaikan studinya.

“Ini adalah awal anda untuk turut andil ambil bagian dalam proses pembangunan di Parepare, Pemkot tidak dapat bekerja sendiri, olehnya itu mari sama-sama bekerja sekuat tenaga mendorong percepatan peningkatan pembangunan ekonomi di Parepare,” harap Pangerang. 

Sementara itu Rektor IAIN Parepare, Ahmad Sultra Rustan menitipkan pesan kepada para civitas akademik untuk menjaga nama baik kampus tempatnya menimba ilmu.

“Kami titipkan nama Perguruan Tinggi  ini kepada kalian, jaga nama baik almamater , dan perkenalkan secara luas kampus kita serta teruslah mengembangkan ilmu ditengah masayarakat,”pesan dia.

Loading...
Loading...