Rabu, 23 Januari 2019 20:56 WITA

Lakukan Penguatan Inovasi, UMI Makassar Siap Tingkatkan Daya Saing

Penulis: Andi Asoka Ulfa
Editor: Adil Patawai Anar
Lakukan Penguatan Inovasi, UMI Makassar Siap Tingkatkan Daya Saing

RAKYATKU.COM, MAKASSAR -Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar terus berupaya melakukan penguatan di bidang inovasi perguruan tinggi.

Melalui diskusi Ilmiah "Pengembangan dan Peningkatan Daya Saing UMI dalam Penguatan Inovasi dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi" yang digelar bersama Direktur Jenderal Ditjen Penguatan Inovasi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Dr. Ir. Jumain Appe, UMI siap ikut berkontribusi dalam peningkatan kemajuan pendidikan bangsa.

"Kami siap menerima kiat-kiat dari Kemenristek Dikti dan menyiapkan inovasi untuk bisa bersaing dengan perguruan tinggi lain. Dengan niat yang ikhlas dan dengan usaha yang kuat UMI siap diarahkan," ujar Rektor UMI, Prof Basri Modding, di Aula Fakultas Kedokteran UMI, Rabu (23/1/2019).

Dia menambahkan, untuk pemeringkatan kedepannya akan digenjot ke penelitian. Sehingga dosen bisa menghasilkan jurnal yang terindeks scopus.

"Inovasi kan perubahan, jadi bagaimana dosen bisa melahirkan inovasi," imbuhnya.

Loading...

Sementara, Dr. Ir. Jumain Appe menyampaikan mengenai penguatan inovasi dan daya saing perguruan tinggi di Era Revolusi Industri 4.0.

"Bila kita berbicara bagaimana Indonesia ke depan. Kita bicara daya saing karena  jika daya saing rendah tentu kita terus berada di tengah. Kita harus mendorong pertumbuhan ekonomi nasional untuk mendorong productivity dan meningkatkan daya saing," katanya.

Ia menambahkan, posisi daya saing Indonesia saat ini menempati peringkat 45 dibawah Singapura, Thailand dan Malaysia.

"Untuk peningkatan daya saing, perguruan tinggi harus inovatif dan responsif menghadapi revolusi industri," tutupnya.

Loading...
Loading...