Selasa, 08 Januari 2019 19:20 WITA

143 Program Studi Universitas Belum Terakreditasi di Sulawesi

Penulis: Nurul Fadila
Editor: Adil Patawai Anar
143 Program Studi Universitas Belum Terakreditasi di Sulawesi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Beberapa universitas di Makassar bakal menyusul Universitas Muslim Indonesia (UMI) dalam meraih nilai A akreditasi institusi dari BAN-PT.

"Kampus tersebut diantaranya Unismuh Makassar, Universitas Bosowa, UKIP Paulus Makassar, Universitas Islam Makassar, Universitas Fajar," Kata Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr Jasruddin kepada Rakyatku.com, Selasa (8/1/2019).

Dijelaskan, perolehan nilai A tersebut akan menjadi pemotivasi dan pembuka jalan bagi kampus lainnya di jajaran LLDIKTI IX.  Selain kelima universitas itu, cukup banyak juga sekolah tinggi yang sedang berproses menuju nilai A akreditasi institusi.

"Saat ini masih ada 143 program studi belum terakreditasi dan ini menjadi tantangan dan masalah.karena prodi dalam status demikian, haram hukumnya melakukan yudisium, ujian skripsi dan mewisuda," jelasnya.

Loading...

Prof Jasruddin meminta kepada para pimpinan perguruan tinggi  untuk serius memperhatikan dan segera mencari jalan keluarnya. Penguatan nilai akreditasi prodi akan menjadi salah satu pertimbangan dalam penilaian akreditasi institusi. 

Selain itu jabatan fungsional dosen harus terus di tingkatan, karena kualitas sumber daya dosen dengan jabatan fungsional termasuk mendapat penilaian tersendiri dalam akreditasi prodi dan institusi, tegas Jasruddin.

"Jabatan fungsional Asisten Ahli ke Lektor, lektor ke Lektor Kepala serta Lektor Kepala ke Guru Besar. Sepanjang 2018 hanya ada dua Guru Besar satu orang di STIE YPUP Makassar serta Rektor Unismuh Makassar, Prof Dr. Abd Rahman Rahim, SE, MM," pungkasnya.

Loading...
Loading...