Minggu, 06 Januari 2019 18:13 WITA

Kunjungi Lokasi KKN di Bantaeng, Ini Pesan Rektor Unibos

Penulis: Nurul Fadila
Editor: Adil Patawai Anar
Kunjungi Lokasi KKN di Bantaeng, Ini Pesan Rektor Unibos

RAKYATKU.COM - Kuliah Kerja Nyata (KKN) reguler Universitas Bosowa (Unibos) ke-45 kali ini dipusatkan di Kabupaten Bantaeng. Lokasi KKN tersebut dikunjungi Rektor Unibos, Prof. Saleh Pallu, M.Eng bersama rombongan.

Termasuk para wakil rektor, sekretaris universitas, para dekan fakultas se-Unibos, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM), koordinator KKN ke-45 Unibos dan Kepala Biro Kemahasiswaan Unibos, Sabtu (05/01/2019).

Kunjungan ini dilakukan dibeberapa posko KKN yang terbagi menjadi enam desa, Bonto Lojong, Bonto Tangnga, Bonto Tallasa, Bonto Marannu, Bonto Daeng, dan Desa Rannu.

Sejumlah 320 mahasiswa KKN Reguler Unibos ditempatkan dilokasi tersebut dengan program utama yaitu pengembangan kewirausahaan. Bersama-sama menyambut Rektor Unibos, mahasiswa KKN Reguler Unibos menjelaskan beberapa program yang telah dilaksanakan selama waktu kurang lebih dua bulan.

Termasuk program pelatihan kewirausahaan dan penyuluhan pengembangan usaha bagi ibu-ibu setempat untuk pengembangan potensi tanaman holtikultura, melakukan pengajaran dibeberapa sekolah dasar, memberikan pelatihan IT (penggunaan computer) bagi anak didik dilokasi tersebut, membantu pengembangan desa khususnya untuk pembangunan masjid dan peta lokasi desa, melaksanakan berbagai kegiatan lomba dalam bidang olahraga dan agama juga termasuk festifal anak sholeh, dan sosialisasi anti narkoba.

Rektor Unibos, Prof. Saleh Pallu, M.Eng usai memonitoring program kerja mahasiswa menuturkan motivasi kepada para mahasiswa agar segera menyelesaikan program kerja dengan baik dan segera kembali ke Unibos untuk menyelesaikan studi agar kelak dapat mengikuti wisuda secepatnya.

“Program yang dijalankan sudah terhitung baik apa lagi jika program tersebut adalah yang berjangka panjang. Seperi membantu masyarakat tidak hanya membuat produk, tetapi juga mensosialisasikan bagaimana proses pemaparannya. Selanjutnya jika semua program telah tuntas, maka segeralah kembali ke kampus untuk menyelesaikan tanggung jawab agar segera mungkin menjadi sarjana. Kalau sudah sarjana, jangan lupakan untuk tetap mengabdi di masyarakat juga untuk berbagi ilmu yang telah didapatkan selama ini”, kata Rektor Unibos.