Sabtu, 29 Desember 2018 11:25 WITA

"Perempuan Harus Punya Peran Aktif Dalam Berbagai Hal"

Penulis: Muh. Ishak Agus
Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Wahida Rustam mengatakan, saat ini perempuan juga harus punya peran aktif dalam berbagai hal. 

Menurutnya, perempuan tidak terikat hanya pandai di dalam urusan rumah tangga saja, tapi juga harus punya skill, pandai berkomunikasi dan mampu berkarir dalam berbagai profesi. 

Hal ini disampaikan Wahida Rustam saat menjadi pembicara pada Dialog Pemberdayaan Perempuan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Muhammadiyah Makassar, jumat (28/12/2018).

"Kodrat perempuan adalah hamil, melahirkan, menyusui, dan menstruasi karena perempuan diberikan sebuah kelebihan oleh Allah Yang Maha Kuasa. Dan kodrat laki-laki adalah dia punya sperma, alat kelamin yang berbeda dengan perempuan. Dengan perbedaan kodrat tersebut itu harus bisa saling melengkapi antara satu dengan yang lainnya," jelasnya.

Ia menambahkan, kemampuan perempuan untuk menjadi pekerja yang setara dengan laki-laki saat ini tidak perlu diragukan lagi. Baik di lingkungan kantor maupun di lingkungan lainnya. 

"Banyak hal dan banyak peran yang dilakukan perempuan. Kita di sini tidak berbicara soal laki-laki dan perempuan tapi sudah sejauh mana kita mengambil terang dalam era milenial ini," katanya. 

Dan jika dilihat dari beberapa jabatan tinggi di Indonesia seperti menteri kelautan dan perikanan yang diisi oleh perempuan, Susi Pudjiastuti, menteri keuangan diisi oleh Sri Mulyani, dan Indonesia sendiri pernah dipimpin oleh sosok perempuan, Megawati Soekarnoputri. 

Ini merupakan bukti bahwa perempuan juga mampu bekerja sama dan setara dengan laki-laki dalam berbagai pekerjaan tanpa melupakan kewajiban utama masing-masing. Laki-laki mencari nafkah untuk istri dan anak-anaknya, perempuan menyediakan semua keperluan suami dan anak-anaknya.