Kamis, 27 Desember 2018 20:18 WITA

Citizen Report

UMI Dorong Mahasiswa Jadi Enterpreneur

Editor: Adil Patawai Anar
UMI Dorong Mahasiswa Jadi Enterpreneur

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar berkomitmen menciptakan mahasiswa berjiwa Enterpreneur. Hal ini selaras dengan diberikan kepercayaan oleh Kemenristek Dikti sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia Timur yang masuk dalam Pusat Inkubasi Bisnis (Pinbis) dari 12 kampus se-Indonesia. 

Melalui Bimbingan Teknis II UKM Tenant Mahasiswa Universitas Muslim Indonesia yang digelar selama dua hari sejak Rabu-Kamis 26 sampai dengan 27 Desember 2018 di lantai empat Gedung Menara UMI, mahasiswa diberikan materi-materi mengenai kewirausahaan. 

Zainudin Rahman selaku direktur Pinbis UMI mengatakan melalui pelatihan ini diharapkan memberikan manfaat dan membuka wawasan mahasiswa dalam melakukan berwirausaha. Karena menurutnya tanpa disadari bahwa kedepan itu untuk masuk kedunia usaha seperti di sektor pemerintah sangat sulit. 

"Solusi yang kita lakukan adalah melalui pengembangan kewirausahaan mahasiswa dengan begitu mereka mendapat pengalaman, bimbingan, dan mendapat monitoring dalam melakukan usaha," terangnya. 

Ia juga menjelaskan Inkubator merupakan suatu lembaga di dalam membimbing para wirausaha dalam menggunakan teknologi dan melakukan inovasi dari proses produksi yang sederhana menjadi lebih maju, lebih modern. 

"Saat ini startup kita ada dua, sedangkan UKM ada 40 lebih bahkan mencapai 100, yang resmi kita bimbing kalau dihitung sama mahasiswa. Jadi tahap pertama yang kita bina bersama kementerian koperasi itu ada 4 dan berhasil semua," pungkas Zainudin yang juga Dosen Kewirausahaan ini.

Hadir memberi materi dalam kegiatan Bimtek II ini yakni, Prof. Dr. H. Salim Basalamah, SE, M.Si., dengan judul materi Strategi pemasaran produk, Dr. H. Zainudin Rahman, SE, M.Si., de gan judul materi Pengenalan inkubator bisnis, Dr. Asdar Djamereng, SE, MM., dengan judul materi Motivasi berusaha, Dr. H. Muhammad Sauun, SE, M.Si,CA., dengan judul materi studi kelayakan bisnis usaha, Dr. Hajering, SE. MM., dengan judul materi Konsep dasar kewirausahaan, dan ditutup oleh Drs. KH. M Zein Irwanto, MA., dengan judul materi etika bisnis islami. 

Penulis: Riswan Hulalata???????, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMI

Loading...