Selasa, 18 Desember 2018 19:05 WITA

Mahasiswa FEB Universitas Atma Jaya Belajar Wirausaha di Bengkel Bisnis

Penulis: Nur Izzati
Editor: Nur Hidayat Said
Mahasiswa FEB Universitas Atma Jaya Belajar Wirausaha di Bengkel Bisnis

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Atma Jaya menyediakan wadah bagi mahasiswanya untuk terjun dalam dunia usaha. Hal itu diwujudkan melalui kampus kafe yang diberi nama Bengkel Bisnis FEB.

Bengkel bisnis tersebut berada di Pelataran Apotik Mattoangin, tepatnya di persimpangan lampu lalu lintas Jalan Cendrawasih dan Jalan Kakatua, Makassar.

Dekan FEB, Fransiscus E. Daromes mengungkapkan, bengkel bisnis ini merupakan salah satu wujud dari profil lulusan fakultas. Di mana setiap alumni diharapkan menjadi seorang entrepreneur.

"Kita rencanakan sudah lama, dan bisa terwujud hari ini berkat dukungan dari pihak terkait. Menurut kami, memang perlu ada media bagi mahasiswa untuk melakukan praktik bisnis," terangnya saat ditemui di sela-sela pembukaan Bengkel Bisnis, Selasa (18/12/2018).

Ia mengungkapkan, bengkel bisnis yang dibuat dari kontainer itu diperbantukan oleh 120 mahasiswa FEB. Secara bergiliran, mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk menjaga bengkel bisnis tersebut.

"Jadi ada sif-sifnya, mahasiswa akan bergantian untuk berjaga. Kita juga sengaja pilih lokasinya di sini, agar mereka terbiasa berhadapan langsung dengan masyarakat," terangnya.

Mahasiswa FEB Universitas Atma Jaya Belajar Wirausaha di Bengkel Bisnis

"Semua menu yang dihadirkan ini berasal dari mahasiswa yang tergabung dalam kelompok wirausaha," tambah dia. 

Melalui bengkel bisnis ini, ia berharap 2 atau 3 tahun ke depan, mahasiswa bisa menjadi seorang entrepreneur yang maju dan siap bersaing.

"Ini adalah starting poin. Kami harap, mimpi mahasiswa bisa jadi seorang pencipta lapangan kerja bisa terwujud. Dan kita ingin menjadi bagian dari terwujudnya mimpi mereka," harapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Atma Jaya, Ferdinandus Sampe mengapresiasi dari inovasi yang dibuat segenap Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Pasalnya, giat tersebut menjadi salah satu impiannya.

"Setiap prodi di Universitas Atma Jaya punya cara sendiri untuk meningkatkan kualitas mahasiswanya. Termasuk FEB, tentu ini patut didukung," terangnya.

Menurutnya, kehadiran Bengkel Bisnis itu mampu meningkatkan minat dan kualitas mahasiswa dalam menjalani sebuah bisnis.

"Dari kurikulum kami itu, alumni memang tidak diharapkan jadi pegawai. Tapi untuk menciptakan lapangan kerja. Jadi saya harap, dengan adanya Bengkel Bisnis ini calon alumni bisa mendapatkan wawasan dan pengalaman, sehingga bisa merintis usaha sendiri," jelas Ferdinandus.

Pembukaan Bengkel Bisnis itu ditandai dengan pengguntingan pita yang dilakukan oleh Ferdinandus Sampe dan Fransiscus E. Daromes.