Selasa, 18 Desember 2018 12:13 WITA

Meriahnya Pawai Hari Bahasa Arab Sedunia di Makassar

Penulis: Fathul Khair
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Meriahnya Pawai Hari Bahasa Arab Sedunia di Makassar
Ikatan Mahasiswa Studi Arab Indonesia (IMASASI) wilayah 9 Sulawesi Selatan, mengikuti pawai dalam rangka Hari Bahasa Arab Sedunia yang dipusatkan di depan Kampus UMI Makassar, Selasa (18/12/2019).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Seratusan mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Studi Arab Indonesia (IMASASI) wilayah 9 Sulawesi Selatan, mengikuti pawai dalam rangka Hari Bahasa Arab Sedunia yang dipusatkan di depan kampus UMI Makassar, Selasa (18/12/2019).

Pawai hari Bahasa Arab sedunia ini, digelar atas bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Sastra Arab (HIMSAB) UMI. Pawai itu dihadiri oleh mahasiswa studi Arab dari beberapa kampus yang ada di Kota Makassar.

Diantaranya HIMSAB Universitas Muslim Indonesi, HMJ PBA Universitas Muhammadiyah, HIMAB Universitas Hasanuddin, HMJ PBA UIN Alauddin Makassar, HIMABSA UIN Alauddin, dan perwakilan mahasiswa Bahasa Arab Universitas Negeri Makassar. 

Kegiatan pawai bersama itu, diawali dengan orasi kebahasa-Arab-an oleh masing-masing perwakilan mahasiswa Jurusan dari setiap kampus di fly over. Lalu dilanjutkan dengan pawai syi'ar hari bahasa Arab sedunia dengan memutari Jalan Urip Sumoharjo hingga finis di depan kampus Universitas Muslim Indonesia.

Salah satu orator kebahasaan, mengingatkan para peserta pawai agar mahasiswa studi Arab tidak hanya berbangga dengan bahasa Arabnya. Akan tetapi juga mengambil bagian dalam mempelopori perjuangan menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa pemersatu.

"Karena sejatinya bahasa Arab adalah bahasa yang membawa misi perdamaian di muka bumi ini," katanya.

Hari bahasa Arab sedunia diperingati pada setiap tanggal 18 Desember, atas usulan dua negara Arab yaitu Saudi Arabia dan Maroko, yang bercita-cita agar bahasa Arab diakui oleh seluruh negara di dunia sebagai bahasa internasional. 

Atas usulan kedua negara Arab tersebut, akhirnya tanggal 18 Desember merupakan hari yang telah ditetapkan oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) sebagai Hari Bahasa Arab Sedunia. Dan atas kesepakatan itulah, bahasa Arab dijadikan bahasa resmi dunia.

Loading...
Loading...

Berita Terkait