Kamis, 13 Desember 2018 12:02 WITA

Kementerian Belum Keluarkan Keputusan, UIT Masih Aman untuk Sementara

Penulis: Azwar Basir
Editor: Aswad Syam
Kementerian Belum Keluarkan Keputusan, UIT Masih Aman untuk Sementara
Kampus UIT Makassar terlihat lengang.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kementerian riset dan teknologi (Kemenristekdikti), sampai saat ini belum mengeluarkan keputusan tentang status Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar, pasca batas sanksi pembinaan berakhir.

Sanksi Administratif berat yang diberikan kepada UIT Makassar, sebelumnya diperpanjang oleh Kemenristekdikti selama satu bulan. Terhitung dari 8 November hingga 8 Desember. Sekarang sudah lewat 5 hari.

Kepala lembaga layanan pendidikan tinggi (LLDikti) Wilayah IX Sulawesi Prof Jasruddin mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan informasi dari Kemenristekdikti, terkait status UIT Makassar.

Apakah sanksinya diperpanjang atau UIT Makassar bebas dari sanksi tersebut, LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi belum mendapatkan informasi.

"Tidak masalah (sudah lewat tanggal 8) banyak perguruan tinggi yang tadinya diberikan sanksi itu lewat sampai dua tiga bulan ke depan baru ada keputusan," ujar Prof Jasruddin.

Katanya, yang harus dilakukan oleh UIT Makassar sampai saat ini, yaitu dengan terus melakukan perbaikan. Terutama memperhatikan mahasiswa. Karena banyak mahasiswa yang masih menuntut untuk pindah kampus.

Loading...

"Kita sangat berharap UIT konsisten, dan ketika dia konsisten mengakomodir penyelamatan mahasiswa yang tidak nyaman lagi di UIT, maka insya Allah UIT bisa dibantu," jelasnya.

Namun, lanjutnya, jika UIT Makassar tidak konsisten, maka tergantung dari Kementerian. Sebab katanya, pembahasan tentang UIT Makassar masih alot di tingkat pusat.

"Sampai hari ini masih alot perdebatan tentang UIT Makassar, karena mahasiswa merasa belum terpuaskan dengan komitmen-komitmen yang ada. Tapi saya berharap setelah kami berdialog nanti, akan ketemu di mana mahasiswa tidak lagi merasa dikecewakan dengan komitmen sebelumnya," tuturnya.

Apalagi katanya, UIT Makassar telah menandatangani  fakta integritas, yang salah atau poinnya yaitu, UIT Makassar siap memindahkan mahasiswa yang ingin pindah kampus.

"Nah kalau UIT Makassar tidak melaksanakan fakta integritas yang sudah ditandatangani, maka fakta integritas itu tidak berlaku. Kalau tidak berlaku, maka rekomendasi LLDIKTI juga tidak berlaku," tutupnya. 

Loading...
Loading...