Selasa, 11 Desember 2018 11:22 WITA

Universitas Terbuka Majene berikan Kemudahan bagi Calon Mahasiswa

Penulis: Yuniastika Datu
Editor: Andi Chaerul Fadli
Universitas Terbuka Majene berikan Kemudahan bagi Calon Mahasiswa

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Universitas Terbuka (UT) Majene memberikan beragam kemudahan bagi siapa saja yang ingin berkuliah. Kampus di Jl Sultan Hasanuddin nomor 2 Sulawesi Barat ini tidak memberatkan biaya pendaftaran bagi calon mahasiswa.

Perguruan tinggi yang menerapkan sistem Jarak Jauh (PTJJ) ini juga tidak mengadakan tes masuk.

Direktur UT Majene, Arifin Tahir menuturkan, saat ini pendaftran telah dibuka sejak 3 Desember dan akan berakhir 6 Februari mendatang. Masuk di UT Majene calon mahasiswa bisa mendaftar melalui kantor UT Majene atau melalui website www.majene.ut.ac.id. 

"Tidak ada pungutan biaya pendaftaran, pengambilan formulir bebas biaya. Jadi jika ada yang mengatakan ada biaya pendaftaran, itu sudah pasti salah," ungkap Arifin.  Selasa,  (11/12/2018) 

Arifin menambahkan, kuliah di UT Majene besarnya biaya kuliah dapat diatur oleh calon mahasiswa sesuai dengan sistem belajar yang akan ditempuh. 

Biaya Rp1,75 juta mendapatkan bahan ajar cetak dan mengikuti tutorial tatap muka, atau biaya Rp1,3 juta mendapatkan bahan ajar cetak buku. Mahasiswa juga bisa memilih biaya Rp35.000-Rp55.000/SKS sesuai dengan program studi dan bahan ajar cetak dibeli terpisah.

Loading...

Sementara itu, Manager Registrasi dan Ujian Univeristas Terbuka (UT) Majene, Syamsuddin  menuturkan, calon mahasiswa dan masyarakat umum yang ingin melanjutkan kuliah di UT Majene tidak ada tes masuk kecuali untuk program Strata Dua (S2).

Syam menjelaskan, untuk mendaftar ke UT Majene, calon mahasiswa harus memerhatikan kelengkapan berkas persyaratan yang diperlukan. Seperti, Formulir yang diambil di Kantor UT, Fotocopy Ijazah yang telah dilegalisir, pas foto berwarna ukuran 4x6 dan 2x3 masing, masing 2 lembar dan Fotocopy Kartu Tanda penduduk (KTP).

"Khusus untuk program pendidikan guru (FKIP), calon mahasiswa harus melampirkan Surat Keterangan Mengajar, SK mengajar, dan lembar penilaian dari kepala sekolah tempat mengajar," ujarnya 

Adapun langkah yang dilakukan setelah melengkapi berkas, calon mahasiswa menyerahkan berkas persyaratan registrasi, membayar biaya pendidikan registrasi pertama Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebesar biaya yang tercantum dalam Lembar Informasi Pembayaran (LIP). 

"Kalau calon mahasiswa sudah registrasi dan membayar biaya pendidikan maka ia sudah dinyatakan resmi sebagai mahasiswa UT Majene," jelas Syam. 

Loading...
Loading...