Senin, 10 Desember 2018 14:28 WITA

Rektor UMI Target 100 Persen Prodik Akreditasi A, Kepala LLDikti: Sejarah Baru

Penulis: Nur Izzati
Editor: Abu Asyraf
Rektor UMI Target 100 Persen Prodik Akreditasi A, Kepala LLDikti: Sejarah Baru
Rektor UMI, Prof Basri Modding

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Civitas akademik Universitas Muslim Indonesia (UMI) menerima kunjungan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Kemenristekdikti di Ruang Auditorium Fakultas Kedokteran UMI, Senin (10/12/2018).

Kunjungan itu dalam rangka Visitasi Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi. Hal ini merupakan tindak lanjut dari pengajuan borang Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) yang telah diajukan pihak kampus.

Perwakilan Asesor, Prof Muhammad Achmad Chosin mengatakan, kedatangannya ini untuk melakukan assessment di lapangan, guna melihat kesesuaian yang sudah ditulis dalam borang dan mencocokkan yang ada di lapangan. 

"Intinya kami hadir di sini untuk mencocokkan apakah hal-hal yang tertuang dalam borang, sudah sesuai dengan kenyataan di lapangan," katanya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, tim asesor akan memotret banyak sisi, termasuk dari mahasiswanya, alumninya, maupun mitra institusinya. 

"Sehingga konten yang kami terima dan yang akan kami laporkan sesuai dengan konten di lapangan," ujarnya.

Rektor UMI, Prof Basri Modding mengaku optimis, UMI akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan, yakni A. 

Rektor UMI Target 100 Persen Prodik Akreditasi A, Kepala LLDikti: Sejarah Baru

Loading...

"Selain berbagai sarana dan prasarana yang disediakan, saat ini UMI sudah memiliki 256 doktor, dan Insyaallah tahun depan diperkirakan bertambah sekitar 360-400 yang bergelar doktor," sebutnya.

Di sisi lain, kata Prof Basri, UMI dalam tiga tahun terakhir telah mengalami perkembangan mutu pendidikan di tahun 2016 UMI memiliki empat prodi yang terakreditasi A, tahun 2017 meningkat menjadi tujuh prodi terakreditas A. 

"Tahun 2018 ini hampir 100 persen dengan 17 program studi terakreditasi A," tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Lembaga Layanan Dikti (LLDikti) Wilayah IX Sulawesi Prof Dr Jasruddin berharap, ada sejarah baru yang diukir bagi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) wilayah IX. Pasalnya dari 358 PTS yang ada, belum satupun yang terakreditasi A. 

"Jadi saya sangat berharap ketika UMI membuktikan dirinya terkareditasi A, saya yakin dan percaya UMI menjadi spirit bagi PTS lainnya seperti Unismuh, Universitas Fajar, STIM Nitro, dan lainnya," pungkasnya.

Seperti diketahui, Tim asesor terdiri atas lima orang, di antaranya Prof Muhammad Achmad Chozin (IPB), Prof Djoko Suhardjanto (UNS), Prof Amasastra Bahar (UI), Prof Marwan (Unsyiah), dan Suparto, Ph.D (UIN Jakarta). Visitasi ini berlangsung selama tiga hari, 9-11 Desember.

Tags
Loading...
Loading...