Rabu, 05 Desember 2018 18:08 WITA

Dekan FTI UMI Raih Gelar Doktor di UB, Erwin Akib: Dia Sosok yang Inovatif

Penulis: Nur Izzati
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Dekan FTI UMI Raih Gelar Doktor di UB, Erwin Akib: Dia Sosok yang Inovatif

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Keberhasilan Dekan Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia (FTI-UMI), Zakir Sabara dalam meraih gelar akademik pada Program Doktor Ilmu Lingkungan, tentunya menjadi kebanggan tersendiri bagi orang-orang terdekatnya.

Tak terkecuali Dekan FKIP Unismuh Makassar, Erwin Akib. Ia turut berbangga dan tak lupa menyampaikan selamat kepada Zakir Sabara karena telah menyelesaikan Studinya di Pascasarjana Universitas Brawijaya, Malang.

"Beliau (Zakir Sabara) adalah sosok yang sangat energik dan inovatif. Disela-sela kesibukan beliau sebagai pejabat di lingkup UMI, beliau mampu me-manage waktunya sehingga bisa menyelesaikan studinya dengan baik," kata Erwin Akib.

Ia berharap, ilmu yang diperoleh oleh dekan dua periode itu bisa memberi manfaat bagi pembangunan bangsa.

"Harapan kami kiranya apa yang menjadi temuan beliau dapat menjadi referensi bagi para akademisi dan para ilmuwan dan juga tentunya bagi pemerintah," ujar Erwin.

Dekan FTI UMI Raih Gelar Doktor di UB, Erwin Akib: Dia Sosok yang Inovatif

Seperti diketahui, Zakir Sabara berhasil mempertahankan disertasinya dengan judul Pendekatan Robust Decision-Making dalam perencanaan Sumberdaya air untuk air minum di Kota Makassar, Rabu (5/12/2018).

Zakir dalam rangkuman disertasinya mengangkat masalah yang dihadapi PDAM kota Makassar dalam pengelolaan sumberdaya air.

Menurut Zakir, air minum beberapa tahun terakhir adalah kurangnya pasokan air baku, menurunnya kualitas air baku, keadaan infrakstrutur, pembiayaan, dan kerentanan akibat perubahan iklim masa depan yang tidak pasti. 

"Pihak pengelola dan pemangku kepentingan menghadapi persoalan dalam pengambilan keputusan terkait pengelolaan dan penentuan arah kebijakan perusahaan," ungkap Zakir.