Jumat, 30 November 2018 16:23 WITA

Bila Tak Ikut UAS, Mahasiswa UT Majene Tak Bisa Ujian Susulan

Penulis: Yuniastika Datu
Editor: Mulyadi Abdillah
Bila Tak Ikut UAS, Mahasiswa UT Majene Tak Bisa Ujian Susulan
Gedung UT Majene

RAKYATKU.COM, MAJENE - Universitas Terbuka (UT) Majene akan menggelar Ujian Akhir Semester (UAS) untuk semua mahasiswa, baik Pendidikan Dasar (Pendas) dan Non Pendas. UAS akan berlangsung selama tiga hari yakni 9, 15, 16 Desember 2018. 

UAS tertulis ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia dengan jadwal dan lokasi ujian yang telah ditentukan. 

"Lokasi UAS mahasiswa tercantum pada Kartu Tanda Peserta Ujian (KTPU)," tutur Direktur UT Majene, Arifin Tahir, pada Jumat (30/11/2018).

Terdapat juga kegiatan UAS secara online yang disebut Sistem Ujian Online (SUO) yang dilakukan sesuai pilihan mahasiswa. SUO ini dilakukan di kantor UT dengan jadwal yang berbeda dengan UAS tertulis.

“UAS ini adalah tolak ukur untuk mengetahui nilai para mahasiswa dan mahasiswi sebelum lanjut ke semester berikutnya,” paparnya.

Arifin menambahkan, bila pelaksanaan UAS mahasiswa berhalangan hadir, UT tidak menyediakan ujian susulan. Jika mahasiswa tidak hadir, maka harus melakukan registrasi ulang mata kuliah tersebut pada semester berikutnya.

Meski begitu. Jika jauh sebelum pelaksanaan UAS memperkirakan tidak bisa mengikuti UAS sesuai jadwal, mahasiswa bisa mengikuti UAS secara online yang dilaksanakan sekitar dua minggu setelah UAS di Kantor UT Majene. Tapi, mahasiswa harus mendaftar terlebih dahulu.

“Kalau mahasiswa berhalangan hadir ujian karena akan keluar kota, mahasiswa bisa ‘Numpang Ujian’. Jangankan di beda kota atau provinsi, di luar negeri juga bisa. Tetapi, mahasiswa harus meminta surat pengantar dari UT Majene dan harus mengonfirmasikan ke UT tujuan minimal 15 hari sebelum pelaksanaan ujian," pungkas Arifin.

Berikut Lokasi UAS Bagi Mahasiswa UT Majene: 

Majene : SMP 3 Majene , SMKN 2 Majene , SMAN 2 Majene dan SMAN 3 Majene
Polman : SMAN 2 dan SMAN 4 Polewali
Mamuju : SMPN 1 dan SMPN 2 Mamuji
Mamasa : SMAN 1 Mamasa
Mateng : Pendas (SMPN 1 DAN SMPN 2 MAMUJU) Non Pendas SMP 6 Topoyo
Matra : SMA 1 dan SD 1 Matra