Kamis, 29 November 2018 16:42 WITA

Universitas Terbuka Majene Ajak Mahasiswa Berwirausaha

Penulis: Yuniastika Datu
Editor: Andi Chaerul Fadli
Universitas Terbuka Majene Ajak Mahasiswa Berwirausaha

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Untuk menciptakan mahasiswa yang memiliki keterampilan kewirausahaan dan mampu menciptakan lapangan kerja, Universitas Terbuka (UT) Majene menggelar pelatihan kewirausahaan mahasiswa program CSR masa 2018, tahun akademik 2018/2019 di ruang tutorial UT Majene, Rabu (28/11/2018).

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, hari pertama materi dan diskusi dan hari kedua praktek lapang di Desa Ruaway, Kabupaten Majene. Kegiatan ini diikuti 30 mahasiswa S1 Agribisnis bidang minat Pertanian.

Ketua panitia, Safriansyah mengatakan, pelatihan kewirausahaan ini adalah suatu proses kegiatan peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan tentang kewirausahaan yang diperuntukkan untuk mahasiswa CSR, agar mampu mengenali, berminat dan mampu menjadi wirausahawan tangguh.  

Manager BBLBA ini juga menambahkan, pelatihan  seperti ini diberikan agar peserta dapat merasakan langsung manfaat dari pelatihan, khususnya materi-materi psikologis. Pada Materi kewirausahaan, peserta langsung diberi contoh-contoh usaha yang mudah untuk dijalankan dan dipandu oleh pemateri yang ahli dalam bidangnya. Sehingga materi yang disampaikan bersifat praktis dan mudah diaplikasikan.

"Kami berharap mahasiswa mengikuti dengan baik karena kegiatan ini mengoptimalkan langkah awal dalam memahami kewirausahaan. Selain itu, Mahasiswa lebih mengetahui teori kewirausahaan, menanamkan jiwa wirausaha dan peningkatan kompetensi wirausaha muda,” ujarnya.

Sementara itu, Burhan Usman menyebutkan, kegiatan ini untuk melahirkan pengusaha muda untuk dibimbing secara teknis dengan target digembleng untuk melahirkan perencanaan bisnis, mengembangkan bisnis, dan memajukan bisnis.

“Saya harap anak-anak semua bisa mengikuti dengan baik sehingga setelah selesai nanti bisa menggeluti dunia kewirausahaan. Saya akan terus memotivasi agar kalian mampu menjadi wirausha yang sukses. Modal utama kalian selain wawasan yang paling penting adalah keberanian,” jelas dia.