Kamis, 22 November 2018 19:13 WITA

Mahasiswa UT Susah Lulus, Ini Tanggapan Direktur UT Majene

Penulis: Nur Izzati
Editor: Andi Chaerul Fadli
Mahasiswa UT Susah Lulus, Ini Tanggapan Direktur UT Majene

RAKYATKU.COM, MAJENE - Universitas Terbuka (UT) adalah perguruan tinggi negeri di Indonesia yang ditetapkan dengan keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984. Namun, tak sedikit masyarakat yang menganggap bahwa untuk bisa lulus di UT, tak semudah saat melakukan pendaftaran masuk.

Menanggapi isu tersebut, Direktur UT Majene, Arifin Tahir membenarkan soal mudahnya untuk kuliah di UT Majene, karena tidak ada tes masuk kecuali untuk program S2. Namun, terkait isu susahnya lulus di UT, Arifin menepis kabar tersebut.

Menurutnya, cepat atau lambatnya mahasiswa lulus di UT, tergantung dari pribadi mahasiswa. Ia menekankan, keberhasilan studi di UT sangat dipengaruhi oleh motivasi, kedisiplinan, dan kegigihan belajar mahasiswa itu sendiri.

"Kalau belajarnya asal-asalan dan kapan-kapan, ya nilainya juga asal-asalan dan lulusnya juga kapan-kapan. Salah satu contoh pada saat Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) tahan 2 tahun 2018 yang digelar (18/11/2018), seorang tukang becak baru-baru ini menyelesaikan kuliahnya tepat waktu dengan IPK 3,49 karena keseriusannya dalam belajar," terangnya.

"Tidak sedikit juga mahasiswa UT Majene yang lulus tepat waktu, misalnya 8 semester atau 4 tahun untuk program S1 dan 4 semester atau 2 tahun untuk program S2," tambah Arifin.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, calon mahasiswa yang mendaftar di UT sama sekali tidak dikenakan uang pangkal atau uang pendaftaran. Calon mahasiswa hanya dikenakan biaya SPP per semester.

Pendaftaran juga dapat dilakukan secara online di laman SRO.UT.AC.ID, datang langsung ke kantor UT, bisa melalui pengurus Kelompok Belajar (Pokjar) dan juga bisa datang ke Sentra Layanan UT (SALUT).

"Saat ini pendaftaran akan selalu terbuka sepanjang waktu. Jadi, calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri kapan saja untuk berkuliah di UT," tuturnya.

Seperti diketahui, calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri di UT Majene, bisa langsung datang ke kantor UT Majene yang berada di jalan Sultan Hasanuddin Nomor 2. 

Untuk informasi lebih lengkapnya, masyarakat atau calon mahasiswa dapat mengecek web UT Majene www.majene.ut.ac.id atau menghubungi pelayanan mahasiswa di Nomor 082193818246.