Sabtu, 17 November 2018 12:47 WITA

Rektor UT: Pendidikan Tatap Muka Sudah Tidak Memadai

Editor: Mulyadi Abdillah
Rektor UT: Pendidikan Tatap Muka Sudah Tidak Memadai
Penandatangan MoU antara Universitas Terbuka dengan Universitas Sulawesi Barat, Sabtu (17/11/2018). 

RAKYATKU.COM, MAJENE - Universitas Terbuka (UT) kini terus berupaya mengangkat Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Tinggi di Indonesia yang tergolong masih rendah. Dengan model pendidikan jarak jauh (PJJ), anak-anak bangsa dapat kuliah hingga ke pelosok tanah air. 

Demikian disampaikan Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof Ojat Darojat dalam seminar nasional yang diselenggarakan Universitas Terbuka Majene, Sulawesi Barat, pada Sabtu (17/11/2018). Semina ini bertema Tantangan Sistem Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0, 

"Seiring perkembangan zaman, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, skema pendidikan tatap muka sudah tidak tidak memadai lagi. Makanya UT hadir dengan biaya murah untuk meningkatkan daya jangkau dan pemerataan kesempatan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi semua warga negara Indonesia, termasuk mereka yang tinggal di daerah-daerah terpencil, baik di seluruh nusantara maupun di berbagai belahan dunia," urai Ojat.

Menurut Ojat, UT sebagai cyber university yang sudah memiliki pengalaman 34 tahun, sangat mengedepakan kualitas pendidikan mahasiswanya. Ini bertujuan agar mampu bersaing dengan mahasiswa dengan perguruan tinggi lainnya.

Loading...

Tak hanya itu, UT telah mendapatkan akreditasi, baik akreditasi nasional maupun internasional. Secara internasional, UT telah memperoleh Akreditasi Internasional dan Sertifikasi Kualitas dari the International Council for Open and Distance Education (ICDE) Standard Agency (ISA), dan UT telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2000 dari Badan Sertifikasi SAI Global dan SGS. 

"Di samping itu, sebagian besar program studi di UT telah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan TInggi (BAN-PT)," pungkasnya.

Seminar ini turut menghadirkan Direktur UT Majene Drs Arifin Tahir, S.Pd, M.Pd, dan Rektor Universitas Sulawesi Barat Dr. Ahsan Djalaluddin MS. Acara turut dirangkaikan dengan penandatangan kerja sama (MoU) antara Universitas Terbuka dan Universitas Sulawesi Barat. (Adil Patawai Anar)

Loading...
Loading...