Rabu, 13 Juli 2016 18:06 WITA

Segini UKT di Kedokteran Unhas Jalur JNS Per Semester

Editor: Mulyadi Abdillah
Segini UKT di Kedokteran Unhas Jalur JNS Per Semester

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ada perbedaan jumlah Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Fakultas Kedokteran. Selain disesuaikan dengan pendapat orang tua, UKT juga dibedakan berdasarkan jalur masuk universitas.

Wakil Rektor II Bidang Perencanaan dan Keuangan Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Syamsul Bahri mengungkapkan, mahasiswa yang masuk melalui penerimaan mandiri pada Jalur Non Subsidi (JNS), maka dipastikan UKT yang diperoleh adalah kelompok teratas atau kelompok V.

"Kalau masuknya lewat JNS pembayaran UKT setiap semesternya itu Rp20 juta. Itu UKT kelompok lima," ungkapnya kepada Rakyatku.com, Rabu (13/7/2016).

Sementara untuk mahasiswa yang masuk melalui jalur nasional SBMPTN, bisa berada golongan III dengan besar pembayaran Rp2 juta dan IV dengan besar pembayaran Rp2,4 juta.

"Itu dibayar setiap semesternya. Di Kedokteran yang paling rendah itu UKT golongan tiga," jelasnya.

Selain menjadi UKT tertinggi pada Fakultas Kedokteran, tetapi UKT Golongan V jalur JNS Fakultas Kedokteran ini juga menjadi UKT Tertinggi di Unhas.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Humas Unhas, Dahlan Abu Bakar. Dikatakan, UKT tertinggi itu berada pada angka Rp20 juta.

"Yang paling tinggi biayanya itu Kedokteran, UKT-nya Rp20 juta. Karena disesuaikan juga dengan belanja Prodi," ungkapnya.