Kamis, 08 November 2018 21:41 WITA

Prof. drg. Dharma Utama Resmi Jadi Dekan FKG UMI Makassar

Editor: Adil Patawai Anar
Prof. drg. Dharma Utama Resmi Jadi Dekan FKG UMI Makassar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR -  Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, kini secara resmi punya dekan baru.

Setelah beberapa bulan terjadi kekosongan pimpinan alias (Plt) pada FKG UMI. Kini di isi oleh tenaga ahli medis yang punya keahlian di bidang tersebut yakni akadesmisi dari Unhas Makassar, Prof. Dr. drg. Dharma Utama.

Prosesi pelantikan Prof. Dr. drg. Dharma Utama sebagai Dekan FKG UMI Makassar, masa amanah 2018/2022 digelar Kampus I, Jl. Kaka Tua, Kamis (8/11/2018).

Rektor UMI Makassar, Prof. Dr. Basri Modding SE. MM mengatakan, dengan hadirnya pimpinan baru pada FKG UMI akan menambah spirit dan semangat untuk meningkatkan kualitas bagi mahasiswa dan dosen.

"Setelah beberapa bulan terombang-ambing. Kini ada pimpinan FKG yang baru. Hal ini membuktikan bahwa keseriusan  UMI membangun kualitas pendidikan," ujarnya.

Lebih lanjut, Guru besar berlatar Ekonomi itu menjelaskan, sumber daya yang ada di FKG UMI sangat banyak. Hanya saja pihaknya mengambil dosen dari kampus lain menjadi pimpinan di Fakultas karena sesuai dengan keahlian dan profesi.

Menurutnya, pimpinan FKG baru juga memiliki tugas untuk membina dan mengarahkan dosen-dosen FKG serta diberikan petunjuk termasuk mahasiswanya.

"Kenapa kita minta pak Prof. drg. Dharma jadi Dekan FKG?. UMI ingin FKG maju dan berkembang lebih baik, maka hadirnya orang dari Unhas untuk menuntun fakultas ini lebih baik," tuturnya.

Mantan Direktur PPs UMI ini mengatakan, jumlah dosen Yayasan Wqkaf UMI di FKG 18 orang. Dari jumlah itu, kata dia. Yang aktif kurang dari 10 orang mungkin karena berbagai masalah.

"Kemudian, dari antara 18 an dokter gigi spesialis saat ini. Ada ada 8 orang dokter spesialis kemudian sementara studi spesialis ada 1 orang selesai studi di Jepang dan satu dari Unhas," terangnya.

Di lokasi pelantikan. Dekan FKG UMI yang baru, Prof. Dr. drg. Dharma Utama berkomitmen menjaga amanah dan kepercayaan yang diberikan pihak UMI. Bahkan ia membuat pakta integritas.

Dalam beberapa poin pakta integritas. Prof Dharma berjanji menjalankan tugas sesuai ajaran Islam yang bersumber dari Alquran dan Sunnah. 

Serta senantiasa berupaya mewujudkan program kampus Islam, akan melaksanakan kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi sesuai dengan visi dan misi Yayasan wakaf UMI.

"Atas ketentuan-ketentuan Yayasan wakaf UMI, saya memiliki pengabdian yang tulus kepada agama dan umat Islam serta bangsa dan negara Republik Indonesia," ucapnya.

Guru besar berlatar ahli media dari Unhas Makassar itu berjanji, tidak menerima amanah jabatan apapun di luar Yayasan wakaf UMI

Selain itu, tidak melakukan perbuatan yang dapat merusak Citra dan atau merugikan Yayasan wakaf UMI di luar dan di Universitas Muslim Indonesia.

"Apabila saya tidak memenuhi pernyataan ini Saya bersedia menerima sanksi sesuai ketentuan yang berlaku di UMI," pungkasnya.

Pada kesempatan ini hadir Rektor UMI juga wakil Rektor lingkup UMI. Selain itu, hadir perwakilan ketua Yayasan Wakaf UMI. Rektor Unhas diwakili Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Unhas, Prof. drg. Bahruddin Thalib, M.Kes, Sp. Pros.