Rabu, 07 November 2018 18:46 WITA

LL Dikti: UIT Makassar Belum Tarik 900 Ijazah Bermasalah

Penulis: Azwar Basir
Editor: Mulyadi Abdillah
LL Dikti: UIT Makassar Belum Tarik 900 Ijazah Bermasalah
Kepala LL Dikti Wilayah IX Sulawesi, Prof Jasruddin.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Masa sanksi pembinaan kepada Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar akan berakhir Kamis besok, 8 November 2018. UIT Makassar wajib melakukan pembenahan sesuai permintaan Kemenristekdikti dalam kurun enam bulan. 

Sejauh ini, UIT Makasssar dilaporkan baru menyelesaikan perbaikan data di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Dikti. 
Karena, masih banyak data mahasiswa UIT Makassar yang belum terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. 

Selain itu, UIT Makassar juga masih menyusun borang akreditasi kepada 12 jurusan di UIT Makassar yang belum terakreditasi. 

"Saya lihat kemarin waktu masih Pak Prof Basri Wello (mantan Rektor) sudah menyusun borang akreditasi. Jadi tinggal menunggu untuk proses akreditasi jurusan," ucap Kepala LL Dikti Wilayah IX Sulawesi, Prof Jasruddin, Rabu (7/11/2018). 

Menurut Prof Jasruddin, salah satu yang belum dilakukan UIT Makassar adalah menarik ijazah terhadap 900 mahasiswa yang sudah diwisuda pada tahun 2018. Sebab, masih ada 12 jurusan yang belum terakditasi. 

"Terakhir itu tinggal 1 November, yang belum dilakukan oleh UIT, yaitu masalah mahasiswa yang diwisuda sebanyak 900 lebih, ijazah mahasiswa tersebut harus ditarik karena tidak diakui oleh negara," tegasnya. 

Setelah ijazah tersebut ditarik maka pihak LLDIKTI akan melakukan koordinasi dengan Kemenristekdikti tentang solusi yang diberikan kepada mahasiswa yang sudah diwisuda tersebut. 

"Ijazah harus dicabut dulu, nanti kita akan mencari solusi dengan kementerian bagaimana nasib selanjutnya itu 900 mahasiswa," tutupnya.