Rabu, 07 November 2018 12:06 WITA

UIT Klaim Sanksi Sudah Dicabut, LLDIKTI: Belum Ada Surat dari Kementerian

Penulis: Azwar Basir
Editor: Aswad Syam
UIT Klaim Sanksi Sudah Dicabut, LLDIKTI: Belum Ada Surat dari Kementerian
Suasana kampus Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Universitas Indonesia Timur (UIT), melalui Humas UIT Zulkarnain Hamson, mengklaim, Kemenristekdikti telah mencabut sanksi untuk UIT. Saat ini tinggal menunggu surat resmi pencabutan, untuk diumumkan kepada masyarakat.

Bahkan, menurut Humas UIT, informasi pencabutan sanksi oleh Kemenristek tersebut sudah diketahui oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX Sulawesi.

Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi Prof Jasruddin, yang ditemui di kampus UNM untuk konfirmasi kebenaran berita pencabutan sanksi tersebut, membantah telah ada pencabutan sanksi terhadap UIT.

Prof Jasruddin mengatakan, sampai saat ini Kemenristekdikti belum memberikan informasi kepada LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, bahwa sanksi pembinaan yang diberikan kepada UIT telah dicabut.

"Kalau itu (informasi pencabutan sanksi) saya tidak tahu, yang pasti sampai saat ibu belum ada berita apalagi surat dari Kementerian. Saat ini tidak ada sama sekali informasi dari Kementerian soal pencabutan sanksi tersebut," jelas Prof Jasruddin.

Besok, Kamis 8 November 2018, merupakan deadline sanksi pembinaan yang diberikan kepada UIT. Meskipun UIT belum memperbaiki beberapa catatan yang melanggar, namun keputusan mencabut izin perguruan tinggi tetap ada di Kemenristekdikti.

"Kita belum tahu apa yang terjadi besok, karena yang memutuskan hanya Kementerian. Tidak ada kewenangan LLDIKTI mencabut Izin perguruan tinggi," tutupnya.