Senin, 05 November 2018 16:36 WITA

STIK PTIK-UT Majenne Komitmen Tingkatkan SDM Polri

Penulis: Nur Izzati
Editor: Andi Chaerul Fadli
STIK PTIK-UT Majenne Komitmen Tingkatkan SDM Polri

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian-Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK-PTIK) bersama Univesitas Terbuka (UT) Majene berkomitmen dalam meningkatkan kualitas SDM Polri, khususnya bagi yang mau masuk STIK-PTIK.

Kerjasama itu ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan oleh Ketua STIK-PTIK, Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto dan Direktur UT Majene, Arifin Tahir di Claro Hotel, Senin (5/11/2018).

Sigid menuturkan, kerjasama yang diteken ini relevan dengan visi polri, mewujudkan SDM Polri yang profesional, unggul, bermoral dalam penegakan hukum, memberikan perlindungan, serta pelayanan kepada masyarakat.

Hal tersebut juga relevan dengan misi UT dalam menyediakan akses pendidikan tinggi yang berkualitas dunia, bagi semua lapisan masyarakat melalui penyelenggaraan berbagai program PTTJJ. 

STIK PTIK-UT Majenne Komitmen Tingkatkan SDM Polri

Dimana program itu bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi, memanfaatkan dan mendiseminasikan hasil kajian keilmuan, kelembagaan, dan PTJJ untuk menjawab tantangan kebutuhan pembangunan nasional.

Ia juga mengungkapkan, dalam waktu dekat, pihaknya akan mengembangkan STIK-PTIK menjadi universitas keamanan. Dimana saat ini, kelompok kerja yang telah dibentuk tengah menunggu rekomendasi dari Kemenristek Dikti untuk diusulkan Peraturan Presidennya.

STIK PTIK-UT Majenne Komitmen Tingkatkan SDM Polri

"Ini tentunya membutuhkan dukungan dari peguruan tinggi dan polda se Sulsel. Termasuk dalam penetapan nama kampusnya. Ini (Penandatangan MoU) jangan sekedar seremoni saja, tapi butuh langkah yang tegas kedepannya," kata dia.

Sementara itu, Arifin Tahir mengaku pihaknya siap dalam melaksanakan poin-poin yang ada dalam MoU tersebut. Dimana salah satunya, yaitu memfasilitasi akademik khususnya di bidang Konsultasi, Hukum dan Pemerintahan.

"Di Sulawesi ini hanya UT Majene yang dipilih oleh polda. Kalau soal fasilitas akademik, dalam waktu dekat Kurikulumnya akan segera disusun," katanya.

Ia berharap, kerjasama yang dilakukan itu bisa memperkuat sinegitas dengan polda dalam meningkatkan SDM kepolisian, sehingga berdampak positif terhadap masyarakat.

"Harus ada sinergitas. Meningkatkan kecerdasan bangsa melalui UT, pelaksanaan keamanan masyarakat melalui polda," ujar Tahir.

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Biro Polda Sulbar, Dien Irhastini. Menurutnya, saat ini anggota polisi khususnya yang ada di Sulbar tetap menuntut ilmu, agar menguasai ilmu dibidang terkait, misalnya komunikasi, hukum, pemerintahan serta pelayanan masyarakat.

Saat ini, kata Dien, jumlah anggota polisi di Sulbar masih belum ideal. Hanya 30 persen dari jumlah yang seharusnya. Meski begitu, ia berkomitmen dalam meningkatkan kecerdasan para anggota, agas kualitas SDM yang ada berkualitas.

"Meski sedikit, yang penting efektif. Makanya, kita pilih UT Majene untuk kerjasama, karena sangat efisien. Kita tahu, tugas polisi itu tidak bisa ditinggal, jadi kuliahnya harus jarak jauh," tutup Dien.

Seperti diketahui, penandatangan MoU STIK-PTIK dengan perguruan tinggi se Sulsel ini dirangkaikan dengan Sosialisasi Pengembangan STIK-PTIK menjadi Universitas Keamanan.