Senin, 05 November 2018 13:18 WITA

Dekan FKIP Unismuh Akan Bawakan Kuliah Umum di Uzbekistan

Penulis: Nur Izzati
Editor: Andi Chaerul Fadli
Dekan FKIP Unismuh Akan Bawakan Kuliah Umum di Uzbekistan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Membuka peluang kerjasama dengan perguruan tinggi di benua Asia Tengah dan Eropa, merupakan hal yang jarang dilakukan bagi kampus-kampus di Indonesia, khususnya di wilayah Indonesia Timur.

Namun, dengan berbagai terobosan yang dilakukan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh Makassar. Sehingga FKIP Unismuh telah diperkenalkan oleh tenaga pengajar yang sedang ditugaskan oleh pemerintah pusat untuk mengabdikan diri di kampus TSIOS, Tashkent, Uzbekistan.

Pendidikan di negara yang juga dikenal sebagai Silk Road ini telah menunjukkan kemajuan yang sangat signifikan dan berdaya saing global. 

Hal itulah yang memberikan alasan besar bagi FKIP Unismuh untuk menjalin kerjasama dengan kampus tersebut.

Dekan FKIP Unismuh, Erwin Akib mengaku telah menerima surat resmi, perihal kerjasama dalam peningkatan kualitas pendidikan tinggi dan kontribusi penyebaran ilmu pengetahuan. 

“Sudah saatnya FKIP Unismuh untuk meningkatkan reputasi global, karena hal ini merupakan tuntutan era yang harus dipersiapkan," ujar Erwin Akib.

Menurutnya, ada banyak program yang dapat dijajaki bersama, khususnya pada peningkatan sumber daya manusia baik dosen maupun mahasiswa kami. 

"Peluang besar ini akan menambah deretan kerjasama internasional yang dikelola oleh Unit Kerjasama dan Publikasi Internasional (UKPI) di fakultas kami," tambahnya.

Ia menambahkan, kerjasama ini akan mencakup program pertukaran mahasiswa yang akan dikemas dalam International Summer Program & Design Thinking (ISP-DT) 2019, perkuliahan bersama lintas negara (virtual class), visiting professor, kolaborasi penelitian dosen dan seminar serta konferensi internasional. 

Lebih lanjut Erwin mengungkapkan, terobosan baru dari FKIP Unismuh adalah akan dibentuknya Uzbek Corner di fakultas. Di mana tujuannya sebagai media informasi tentang pendidikan, pariwisata, seni dan literatur serta budaya Uzbekistan. 

"Insya Allah pada bulan Desember tahun ini saya akan bersilaturrahmi dengan partner baru kami di Uzbekistan. Sekaligus memenuhi undangan untuk membawakan kuliah umum dihadapan akademisi kampus," tutur Erwin.