Minggu, 04 November 2018 17:59 WITA

PT SGS Audit ISO 9001:2015 UT Makassar

Penulis: Nur Izzati
Editor: Aswad Syam
PT SGS Audit ISO 9001:2015 UT Makassar
Dari kiri, Direktur UPBBJ-UT Makassar, Dra Andi Sylvana dan Auditor ISO 9001:2015, Yuni Kharisman.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Universitas Terbuka (UT), terus berupaya meningkatkan kualitasnya secara berkesinambungan. Baik kualitas pada sisi akademik, maupun operasional.  

Salah satunya, dengan melakukan audit ISO yang dilakukan PT SGS. Kali ini, PT SGS melakukan audit pelaksanaan Tutorial Tatap Muka (TTM) di UPBJJ UT Makassar. Ada 24 lokasi TTM yang dijadikan sampel pelaksanaan TTM, termasuk Kota Makassar dan Kabupaten Maros, pada Minggu, (4/11/2018).

Yuni Kharisman selaku auditor ISO 9001:2015 menuturkan, audit tersebut bertujuan mengetahui apakah kebijakan yang ditetapkan UT Pusat, telah diterapkan dengan benar oleh UPBJJ UT Makassar. Setiap tahunnya, selalu dilakukan audit. Didahului audit internal, lalu dilanjutkan audit eksternal.

"Kami (SGS) bertanggung jawab untuk memastikan, bahwa klien yang sudah disertifikasi ini memenuhi standar kualitas yang ditetapkan. Kalau ada pelanggaran, maka UT akan segera memperbaiki, inilah yang dinamakan perbaikan berkesinambungan," terangnya.

Menurutnya, pelaksanaan program TTM yang dilaksanakan UPBJJ UT Makassar, berjalan sesuai dengan kebijakan dan aturan yang telah ditetapkan UT Pusat. Di mana tutor yang direkrut memiliki latar belakang yang linier dengan mata kuliah yang ditugaskan. Tutor membawa kit tutorial, dan melakukan tutorial cukup interaktif, di mana ada komunikasi antara mahasiswa dengan tutor.

"Sejauh ini (TTM) di UPBJJ IT Makassar berjalan sesuai dengan aturan. Proses pembelajarannya tidak hanya satu arah, jadi mahasiswa tidak hanya terima materi saja, tapi juga aktif. Besok, rencananya kita akan audit berkas," ungkapnya.

PT SGS Audit ISO 9001:2015 UT Makassar

Suasana belajar di UPBJJ UT Makassar

Sementara itu, Direktur UPBBJ-UT Makassar, Dra. Andi Sylvana menuturkan, dalam mendukung peningkatan kualitas, pihaknya seringkali mengontrol aktivitas-aktivitas proses pembelajaran yang ada di UT Makassar. Menurut Sylvana, TTM ini hanya bantuan kepada mahasiswa, untuk memahami bahan ajar utama mahasiswa, yaitu Buku Materi Pokok, atau yang lebih dikenal dengan modul UT. Prinsip utama mahasiswa UT, adalah Belajar Mandiri.

"TTM ini diselenggarakan dengan 8 kali pertemuan. Dan sekarang sudah pertemuan keenam. Dengan adanya audit ini, kita akan mengetahui apa yang diberikan kepada mahasiswa telah sesuai dengan standar pelayanan minimal, yang ditetapkan UT Pusat," jelasnya.

Seperti diketahui, SGS adalah perusahaan terkemuka di dunia yang membidangi inspeksi, verifikasi, pengujian dan sertifikasi. Perusahaan ini diakui sebagai patokan global untuk kualitas dan integritas.