Jumat, 22 April 2016 13:33 WITA

Kebocoran Soal UN SMP, Salam Soba: Jangan Khawatir

Penulis: Ais Nurbiyah Al- Jum'ah
Editor: Adil Patawai Anar
Kebocoran Soal UN SMP, Salam Soba: Jangan Khawatir

RAKYATKU.COM, MAKASSAR – Sebanyak 3.008 kardus naskah Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Pertama (SMP)  telah tiba di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Jumat (22/4/2016). Sesuai jadwal serentak , UN akan dihelat 9-12 Mei mendatang di seluruh SMP di 24 kabupaten/kota Sulsel.

Kekhawatiran kebocoran soal pun kembali mencuat, mengingat UN SMA sederajat yang berlangsung belum lama ini, ditemukan beberapa kasus kebocoran.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Dinas Pendidikan Sulsel, Salam Soba menegaskan, jika kebocoran soal tak perlu dikhwatirkan. Menurutnya, dari penelusuran kasus kebocoran soal UN SMA sederajat kemarin, kunci jawaban yang diberikan beberapa oknum guru atau didapatkan siswa, bukan berasal dari soal UN 2016.

“Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Saat tiba di pelabuhan dijaga oleh Polda. Begitupun saat diantar ke gudang Dinas Pendidikan Sulsel dan didistribusikan ke daerah, semua kunci dipegang oleh Polda" kata Salam, Jumat (22/4/2016).

Loading...

"Sebenarnya tidak ada kebocoran soal. Karena pada saat kunci jawaban yang didapatkan siswa diperiksa,  cuman 20 % kebenarannya. Kalau bocor pasti kan lebih banyak yang benarnya,” tambahnya.

Untuk pendistribusian naskah, Dinas Pendidikan Sulsel akan mengantarkan sesuai jarak. Untuk daerah yang berdekatan dengan Makassar, naskah akan didistribusikan pada saat hari pelaksanaan. Sementara daerah yang jauh, akan didistribusikan satu atau dua hari sebelum pelaksanaan UN.

Tags
Loading...
Loading...