Selasa, 23 Oktober 2018 14:31 WITA

Rektor UMI: Lulusan Apoteker Harus Bangun Moralitas

Penulis: Nur Izzati
Editor: Nur Hidayat Said
Rektor UMI: Lulusan Apoteker Harus Bangun Moralitas
Rektor UMI, Prof. Dr. Basri Modding.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Lulusan apoteker Fakultas Farmasi Universitas Muslim Indonesia (UMI) melakukan penyumpahan kode etik di Auditorium Aljibra UMI Makassar, Selasa (23/10/2018).

Dalam sambutannya, Rektor UMI, Prof. Dr. Basri Modding menyampaikan beberapa hal pokok untuk menjadi bekal para apoteker yang baru disumpah.

Menurutnya, salah satu tantangan saat ini, bagaimana lulusan Perguruan Tinggi (PT), mempersiapkan diri dalam memasuki dunia kerja di tengah revolusi industri 4.0.

"Revolusi industri 4.0 sebagai turunan perkembangan teknologi pun harus direspons. Four point zero, alumni harus mempersiapkan diri," ujarnya.

Menurut mantan Direktur PPs UMI Makassar itu, untuk bersaing di erah revolusi industri 4.0, lulusan PTN/PTS tidak cukup dengan kompetensi dasar yang dimiliki sebagai sarjana farmasi dan apoteker saja.

Rektor UMI: Lulusan Apoteker Harus Bangun Moralitas

Akan tetapi, kata dia, hal itu harus diiringi dengan potensi kepemimpinan yang penting menjadikan  kemampuan teknologi dan kompetensi sosial lainnya sebagai pengetahuan.

"Karena sekarang, perkembangan zaman menuntut luaran kampus untuk mampu bersaing," tuturnya.

Guru besar Fakuktas Ekonomi UMI ini juga menuturkan, untuk menghadapi revolusi industri hal yang paling penting yakni menyiapkan diri dengan kemampuan yang andal.

"Kita mengharapkan lulusan masa depan harus dibangun moralitas. Bagaimana membangun nilai-nilai yang harus dicapai melalui ketekunan dan kerja keras," ungkapnya.

Selain itu, ia menilai koompetensi berpikir kritis, kemampuan komunikasi dan integritas serta kemampuan bekerja sama sangat dibutuhakn di erah saat ini di berbagai dunia kerja.

"Ya, itu termasuk akhlakul karimah dan berdaya saing tinggi," pungkasnya.

Prosesi penyumpaan 100 Apoteker di UMI Makassar, dihadiri oleh perwakilan Ketua Komite Farmasi Nasional Umi Athijah yang mengambil sumpah apoteker. Hadir juga, Ketua Prodi Apoteker UMI, Muzakkir Baitz dan kepala Dinas Kesehatan kota Makassar.