Sabtu, 20 Oktober 2018 16:55 WITA

Seminar Ilmiah CEU FK UMI Bahas Trauma Sendi

Penulis: Yuniastika Datu
Editor: Andi Chaerul Fadli
Seminar Ilmiah CEU FK UMI Bahas Trauma Sendi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Clinical Education Unit (CEU) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muslim Indonesia (UMI) kembali menggelar seminar ilmiah, di Aula Gedung FK UMI, Sabtu (20/10/2018).

Seminar yang diikuti Mahasiswa Program Profesi Dokter (MPPD) ini rutin dilakukan setiap minggu dengan mengangkat tema yang berbeda-beda. Kali ini, tema yang dibahas Dislokasi dan Trauma Sendi dan Fraktur Of Bone. Seminar tersebut dipandu oleh dr Andi Firman Mubarak.

Pemateri pertama, dr Muh Ikhsan Kitta mengatakan,  dislokasi adalah cedera pada sendi yang terjadi ketika tulang bergeser dan keluar dari posisi normalnya. Seluruh sendi pada tubuh dapat mengalami dislokasi, termasuk sendi bahu, jari, lutut, pinggul, dan pergelangan kaki.

"Dislokasi terjadi akibat cedera, terutama benturan keras yang dialami oleh ssend seperti cidera saat olaraga, kecelakaan kendaraan, keturunan, usia lanjut serta pada anak-anak saat bermain," jelas dia.

Loading...

Senada dengan itu, dr Muh Ikhsan Kitta mengatakan, beberapa penyebab umum patah tulang meliputi jatuh, benturan menyerang langsung ke tubuh, peristiwa traumatis, dan cedera karena olahraga.

"Ada berbagai jenis fraktur atau patah tulang, termasuk patah avulsi, Fraktur kominutif, Fraktur kompresi, Dislokasi fraktur, Greenstick fraktur,  Greenstick fraktur, Fraktur longitudinal, Fraktur patologis dan lainnya," jelas dia.

Tags
Loading...
Loading...