Rabu, 10 Oktober 2018 11:21 WITA

Universitas Terbuka Gelar Rapat Tinjauan di Bukittinggi Padang

Penulis: Yuniastika Datu
Editor: Nur Hidayat Said
Universitas Terbuka Gelar Rapat Tinjauan di Bukittinggi Padang

RAKYATKU.COM, PADANG - Bukittinggi, Padang, Sumatera Barat dipilih sebagai tempat untuk menyelenggarakan Rapat Tinjauan Manajemen Universitas Terbuka (RTM-UT) 2018.

RTM UT tersebut dimulai 8-13 Oktober 2018 dengan mengusung tema "Peningkatan Kualitas Layanan Menuju Kewibawaan Akademik". Diikuti 165 peserta terdiri atas jajaran pimpinan di UT Pusat, Direktur UT, para manajer bantuan belajar dan layanan bahan ajar, manajer registrasi dan ujian seluruh Indonesia.

RTM UT dibuka dengan tari Minangkabau, persembahan mahasiswa bidi kmisi. Tarian itu mengawali welcome dinner sekaligus penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara UT dengan Gubernur Sumatera Barat dan Wali Kota Bukittinggi.

Dalam sambutannya Rektor UT, Prof Ojat Darojat, M. Bus., Ph.D., mengutarakan UT diberi amanah oleh Menristekdikti sebagai leading university untuk pelaksanaan pendidikan tinggi jarak jauh dengan perkembangan bahan ajar mulai dari cetak maupun digital. 

Universitas Terbuka Gelar Rapat Tinjauan di Bukittinggi Padang

"Semoga sinergi untuk mewujudkan kewibawaan akademik terwujud melalui kerja keras dan kebersamaan," katanya.

Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Sumatera Barat, Ir. Benni Warlis, M.M., mengapresiasi kinerja UT dalam peningkatan sumber daya manusia khususnya di daerah Sumatera Barat.

Wali Kota Bukittinggi yang diwakili Wakil Wali Kota Bukittinggi, Irwandi, S.H. menyambut ramah peserta RTM yang datang ke Bukittinggi dan menegaskan masyarakat kota Bukittinggi pada umumnya memercayai UT sebagai pilihan untuk pendidikan tinggi.

"Kami sangat mengapresiasi Universitas Terbuka yang menyelenggarakan RTM di Bukittinggi, untuk itu kami memberikan tiket gratis kepada semua peserta untuk memasuki arena wisata yang ada di kota Kami," katanya.

Universitas Terbuka Gelar Rapat Tinjauan di Bukittinggi Padang

Sinergi ketiga institusi di wilayah Sumatera Barat tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU dalam bidang peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM). Khususnya dalam bidang pendidikan, penelitian, pengembangan kelembagaan, penyediaan tenaga pengajar dan tenaga ahli, serta pengabdian kepada masyarakat.

Ruang lingkup kesepakatan bersama ini adalah kerja sama dalam bidang peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran, pengkajian, penelitian dan pengembangan kelembagaan, serta penyediaan tenaga pengajar dan tenaga ahli.