Kamis, 27 September 2018 15:04 WITA

Dirjen Penguatan Inovasi-Unhas Kenalkan Produk Inovasi Pangan dan Kesehatan

Editor: Nur Hidayat Said
Dirjen Penguatan Inovasi-Unhas Kenalkan Produk Inovasi Pangan dan Kesehatan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Dr. Jumain Appe mengatakan, dibutuhkan kesepahaman kolektif untuk mengurai berbagai permasalahan dalam hilirisasi hasil penelitian produk inovasi kesehatan dan ketahanan pangan.

"Memang kementerian sebagai pembuat rugulasi di tingkat pusat. Tapi, kita juga butuh masukan dari stakeholder terkait," katanya dalam Forum Inovasi Industri Pangan dan Kesehatan yang dilaksanakan di kampus Universitas Hasanuddin (Unhas), Kamis (27/9/2018).

Ia menjelaskan, forum dan pameran inovasi tersebut merupakan salah satu usaha dalam mendorong pengembangan ekonomi yang berbasis pada sumber daya alam, dengan memanfaatkan pengetahuan teknologi dan inovasi.

Menurutnya, manajemen inovasi di perguruan tinggi, harus mampu mengadaptasi kebutuhan praktis industri. Untuk itu, lembaga penelitian dan pengembangan (Litbang), perguruan tinggi, dan industri tidak boleh jalan sendiri-sendiri.

"Saya kira, produk ini sinergi antara pemerintah daerah, kemudian perguruan tinggi dan juga dunia usaha bisa berjalan dengan baik, sehingga kita bisa memanfaatkan sebagai salah satu motif untuk mendorong Pembangunan Daerah," terangnya.

Ke depan, kata Jumain, diperlukan pendekatan simbiosis mutualistik antara program riset dan inovasi perguruan tinggi, litbang melalui program intermediasi, capacity building, pendanaan, serta kebijakan yang terintegrasi.

"Dalam konsepsi dan implementasi pengembangan klaster inovasi, kehadiran pemerintah selaku 'Driven Innovation' melalui kepemimpinan dan kebijakan yang inovatif, sangat dibutuhkan untuk membina iklim kondusif," terangnya.

Sementara itu, Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu menuturkan, forum dalam bentuk diskusi panel dan mini expo produk inovasi ini bertujuan untuk mengkanalisasi dan mengakselerasi hilirisasi produk inovasi pangan dan kesehatan.

Dirjen Penguatan Inovasi-Unhas Kenalkan Produk Inovasi Pangan dan Kesehatan

"Hasil inovasi ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh industri dan masyarakat. Di samping itu, juga mendukung pertumbuhan ekonomi daerah berbasis komoditas lokal," katanya.

Kegiatan ini merupakan kerja sama Dirjen Penguatan Inovasi bersama dengan Unhas Makassar. Forum dan pameran inovasi itu digelar selama dua hari, 27-28 September, di Aula LKPP lantai dasar gedung perpustakaan pusat Unhas.