Kamis, 27 September 2018 10:07 WITA

UT Makassar Gelar Edukasi Keterampilan Belajar Mandiri

Editor: Aswad Syam
UT Makassar Gelar Edukasi Keterampilan Belajar Mandiri
Suasana EKBM di UT Makassar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Universitas Terbuka (UT) Makassar, kembali mengelar kegiatan Edukasi Keterampilan Belajar Mandiri (EKBM). 

Kegiatan ini, wajib untuk seluruh mahasiswa baru. Tujuannya, memperkenalkan penyelenggaraan Sistem Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (SPTJJ), sehingga mahasiswa dapat siap dan terampil dalam menempuh studi di Universitas Terbuka. 

EKBM digelar di Gedung Balai Kenari, 22 dan 23 September 2018. Dihadiri 361 mahasiswa baru yang ada di wilayah Makassar.

Direktur UT Makassar, Andi  Sylvana dalam sambutanya mengatakan, kuliah di UT sangat berbeda dengan kuliah di perguruan tinggi konvensional, di mana mahasiswa UT dituntun untuk belajar mandiri.

"Kuliah di UT,  dosen dan mahasiswa tidak pada satu ruang atau lokasi yang sama, sebagaiamana pembelajaran pada perguruan tinggi tatap muka," tuturnya. 

Ia menambahkan, kegiatan pada EKBM ini, meliputi kegiatan OSMB dan PKBM. Mahasiswa diajak lebih mengenal Universitas Terbuka (UT), sebagai perguruan tinggi jarak jauh melalui pemutaran video maupun bahan presentasi.

Diketahui, dalam seminar tersebut juga memamaparkan sejarah pendirian UT, struktur organisasi dan profil pimpinan di UT Pusat maupun di UPBJJ, sistem penjaminan kualitas, sistem registrasi, pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar, serta profil mahasiswa dan lulusan, untuk kegiatan. 

"Pada kegiatan PKBM ini, mahasiswa dilatih keterampilan mengelola waktu, membaca efektif, merekam hasil baca, kiat mengerjakan tugas tutorial, mempersiapkan UAS, dan keterampilan mengakses layanan UT secara online," turutnya.