Jumat, 21 September 2018 09:59 WITA

Universitas Terbuka Majene Gelar PKBM

Penulis: Yuniastika Datu
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Universitas Terbuka Majene Gelar PKBM

RAKYATKU.COM, MAJENE - Universitas Terbuka (UT) Majene, menggelar Pelatihan Keterampilan Belajar Mandiri (PKBM), pada Kamis (20/9/2018) kemarin.

Kegiatan yang diikuti 70 orang pendidikan dasar (Pendas) dan non pendas ini, bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman yang benar tentang PJJ, meningkatkan kelembagaan dan sistem penyelenggaran pendidikan UT. 

"Membangun keterampilan belajar efektif dan pemanfaatan layanan online UT, serta membekali mahasiswa, dengan kesanggupan belajar di UT, tanpa tergantung kepada pihak lain," kata Manager Registrasi dan Pegujian UT, Syamsuddin.

Sementara itu, Nurliani Atjo memaparkan, materi PKBM tentang keterampilan mengelola waktu.  

Menurutnya, setelah mengikuti PKBM, mahasiswa UT mampu melaksanakan belajar mandiri. Melalui keterampilan merencanakan belajar, merekam hasil membaca dan memanfaatkan layanan UT Online.  

"Merencanakan belajar diantaranya, mampu mengelola waktu, mampu membaca cepat dan efektif, mempersiapkan tugas dan ujian, serta merekam hasil baca berupa (resume/peta konsep/ outline). Dengan membuat catatan hasil baca serta mengakses website UT, OER, LM, Tuton, Suaka,  dan lain-lain," jelas Nurliani Atjo.