Selasa, 18 September 2018 00:39 WITA

Pra PSPL 2018 Polinas LP3I Saksikan Atraksi Merpati Putih

Penulis: Yuniastika Datu
Editor: Aswad Syam
Pra PSPL 2018 Polinas LP3I Saksikan Atraksi Merpati Putih
Atraksi dilakukan Merpati Putih.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sehari sebelum pelaksanaan Pengenalan Sistem Pendidikan dan Lingkungan (PSPL) 2018, Polinas LP3I Tamalanrea,  menyaksikan atraksi Merpati Putih di halaman kampus Polinas  LP3I Tamalanrea., Senin (17/9/2018). 

Kepala Polinas LP3I Tamalanrea, Andi Muhammad Yusvan Paris mengatakan, kegiatan ini bertujuan memperlihatkan kepada mahasiswa baru, agar mereka tertarik untuk ikut.  

"Ini dari ranting Unhas, yang  kita panggil untuk antraks di sini , agar mahasiswa baru tertarik untuk ikut,  sehingga kita dapat membuka pola," jelasnya.  

Sementara itu,  Ketua Merpati Putih Cabang Makassar,  Kharuddin menjelaskan,  Merpati Putih merupakan bela negara asli pencak silat Indonesia.  Merpati putih melati dua macam bela diri yakni ilmu bela diri fisik dan ilmu tenaga (power). 

Pencak silat ini bermanfaat untuk efek bela diri,  efek seni karena atitude akan berkembang,  dan ada latihan napas menyadari diri untuk mengajarkan spiritual, konsentrasi dan kesehatan.   

"Di Merpati Putih juga ada namanya kelompok kebugaran untuk orang-orang yang bermasalah kesehatan,  dan tidak ingin lagi bela diri,  tapi butuh Kesehatan," jelasnya.  

Ia menambahkan, bela diri ini juga, sudah menjadi bela diri wajib militer,  yang banyak memberi konstribusi untuk mengetahui keberadaan korban kecelakaan.  

"Terutama baru-baru untuk kopasus ada ilmu getaran yang mendeteksi, misalnya ada orang kecelakaan yang tertimbun tanah,  seperti di Lombok kemarin. Beberapa kali juga digunakan oleh PT.  Pertamina untuk mendeteksi kebocoran  di bawah," ungkapnya.  

"Alhamdulillah, kami sudah tiga kali membantu Pertamina  dengan ilmu getaran mendeteksi kebocoran pipa di kedalaman 10 meter hingga 20 meter," tutupnya.