Kamis, 13 September 2018 08:18 WITA

Fakultas Farmasi UMI Motivasi Dosen buat Soal UKAI Nasional

Penulis: Nur Izzati
Editor: Aswad Syam
Fakultas Farmasi UMI Motivasi Dosen buat Soal UKAI Nasional
Suasana pelatihan Pembuatan Soal UKAI-CBT, di ruang rapat Fakuktas Farmasi, Rabu (12/9/2018).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dalam rangka meningkatkan kemampuan dosen untuk membuat soal Uji Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI), Fakultas Farmasi UMI menggelar Pelatihan Pembuatan Soal UKAI-CBT, di ruang rapat Fakuktas Farmasi, Rabu (12/9/2018).

Ketua Panitia, Aminah mengatakan, pelatihan itu dibuat untuk memberikan motivasi kepada segenap dosen, dalam pembuatan soal UKAI. Pasalnya, soal-soal yang telah dikirimkan dosen, sering tertolak di skala regional.

"Karena tidak semua dosen apoteker mengikuti pelatihan sebelumnya. Sehingga, pelatihan ini perlu diadakan secara keseluruhan. Harapannya, ke depan, soal-soal yang dikirimkan bisa tembus di skala regional, bahkan nasional," terangnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Farmasi UMI, Rachmat Kosman menjelaskan, pelatihan yang dilaksanakan ini merupakan awal teknis pembuatan soal yang memang sinergis dengan yang diaplilasikan di materi pembelajaran apoteker, serta tata cara penulisan pembuatan soal yang baik.

"Ada tanggung jawab kepada dosen, minimal mengirim dua soal ke skala fakultas, setelah itu akan dikirim ke regional. Nah, yang terseleksi di regional baru ke tingkat nasional," urainya.

Ia berharap, melalui pelatihan ini, kompetensi dosen dalam pembuatan soal UKAI, bisa meningkat dan masuk dalam skala nasional.

"Semoga output ke depan banyak soal-soal dari dosen Fakultas Farmasi terpilih jadi soal-soal UKAI. Tentu, hal ini juga bisa meningkatkan angka kelulusan bagi peserta. Karena soal yang dibuat itu sinergis dengan yang diterapkan dalam pembelajaran," tutur dia.