Senin, 10 September 2018 18:32 WITA

Faktor Genetik adalah Kunci Kesuksesan Akademik

Editor: Suriawati
Faktor Genetik adalah Kunci Kesuksesan Akademik
INT

RAKYATKU.COM - Selama bertahun-tahun, penelitian telah mengaitkan prestasi pendidikan dengan lintasan hidup, seperti status pekerjaan, kesehatan atau kebahagiaan.

Namun sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Science of Learning menemukan bahwa faktor genetik memainkan peran penting dalam kinerja akademik anak-anak.

"Sekitar dua pertiga perbedaan individu terkait prestasi sekolah dijelaskan oleh perbedaan dalam DNA anak-anak," kata peneliti, Dr Margherita Malanchini, dari Population Research Center di University of Texas di Austin.

Dalam penelitiannya, Dr Malanchini bersama timnya menganalisis skor tes lebih dari 6.000 anak kembar, dari sekolah dasar akhir sekolah menengah.

Mereka menemukan prestasi pendidikan sangat stabil selama sekolah, yang berarti bahwa sebagian besar siswa yang berprestasi di sekolah dasar, akan terus mempertahankan prestasinya sampai lulus.

Peneliti mengatakan bahwa faktor genetik menjelaskan sekitar 70 persen dari stabilitas ini, sementara lingkungan berkontribusi sekitar 25 persen, dan 5 persen lainnya dipengaruhi oleh teman atau guru.