Senin, 10 September 2018 17:27 WITA

Rektor UT Bahas Tantangan Pendidikan di Revolusi 4.0

Editor: Nur Hidayat Said
Rektor UT Bahas Tantangan Pendidikan di Revolusi 4.0
Rektor Universitas Terbuka, Prof Ojat Darojat (kiri).

RAKYATKU.COM, MAJENE - Rektor Universitas Terbuka, Prof Ojat Darojat, mengungkapkan, saat ini pemerintah Indonesia tengah menyiapkan diri menghadapi Revolusi Industri 4.0. Yang mana saat ini sudah terjadi dengan maraknya ekspansi dunia digital dan internet ke kehidupan masyarakat.

"Begitu juga era revolusi industri juga mengubah cara pandang tentang pendidikan. Perubahan yang dilakukan tidak hanya sekadar cara mengajar, tetapi jauh yang lebih esensial, yakni perubahan cara pandang terhadap konsep pendidikan itu sendiri," katanya dalam konferensi nasional Sulbar, yang digelar belum lama ini.

Menurutnya, untuk bisa menghadapi semua tantangan tersebut, syarat penting yang harus dipenuhi adalah bagaimana menyiapkan kualifikasi dan kompetensi guru yang berkualitas. 

"Keterlibatan staf pengajar dan komitmen untuk memiliki hasil yang baik dari penerapan sistem pembelajaran dan teknologi baru dalam pendidikan, fakultas harus terlibat, siap dan mendukung," ujarnya. 

"Integrasi perencanaan akademis dan perencanaan dengan pengembangan fakultas berkualitas tinggi, berkelanjutan dan berkelanjutan, akses terhadap alat-alat yang cocok dan sumber daya di fakultas yuntuk mendukung staf pengajar," imbuhnya.

Rektor UT Bahas Tantangan Pendidikan di Revolusi 4.0

Ia menambahkan, sektor pendidikan secara langsung maupun tidak langsung akan banyak berperan dalam revolusi industri 4,0 ini. Sehingga, perubahan pada sistem pendidikan tidak bisa menunggu lama, terutama pada tatanan perguruan tinggi. 

Di mana perubahan dan persiapan yang dilakukan pada sektor pendidikan seperti yang dikemukakan Menristekdikti salah satunya adalah sumber daya manusia (SDM), yaitu dosen dan peneliti.

"Persiapan SDM di jenjang pendidikan lain juga harus disiapkan juga, yaitu para guru pendidikan dasar dan menengah, bahkan para instruktur atau tutor di bidang pendiidkan luar sekolah," jelasnya. 

Rektor UT Bahas Tantangan Pendidikan di Revolusi 4.0

Perubahan tersebut, kata dia, memang bukan hal yang mudah karena dibutuhkan kesungguhan komitmen dan dukungan penuh dari pemerintah, akademisi, juga kontribusi masyarakat.

"Saat ini perkembangan sangat pesat di bidang elektronik. Pendidikan mulai difokuskan pada mengajar anak didik tentang bagaimana belajar dan ajaran selanjutnya akan diperoleh si pembelajar sepanjang usia hidupnya melalui sumber dan saluran atau media/sumber belajar," pungkasnya.