Senin, 10 September 2018 16:25 WITA

Universitas ini Tawarkan Kuliah Gratis Bagi Lansia di Atas 100 Tahun

Editor: Suriawati
Universitas ini Tawarkan Kuliah Gratis Bagi Lansia di Atas 100 Tahun
Foto: Sora news

RAKYATKU.COM - Tidak ada kata terlambat untuk mendapatkan gelar sarjana, bahkan jika usia sudah di atas 100 tahun. Itulah yang coba dibuktikan Hanazono University di Kyoto City, Jepang.

Universitas ini menawarkan kuliah gratis bagi orang-orang Jepang yang berusia lebih dari 1 dekade. Program ini dinamai 100 Years of Learning Scholarship.

Tujuannya adalah untuk merayu orang-orang di atas 50-an untuk mengisi kesenjangan yang disebabkan oleh jumlah mahasiswa muda yang terus berkurang.

Dalam beberapa tahun terakhir, lembaga pendidikan di Jepang telah merasakan krisis pelajar. Hanazono University di Kyoto City misalnya, dalam beberapa tahun terakhir mereka telah berjuang untuk mendapatkan lebih dari sepuluh orang pada satu waktu untuk mengikuti ujian masuk.

Beasiswa tidak biasa ini juga berlaku untuk mereka yang berusia di bahwa 100 tahun. Batas minimumnya adalah 50 tahun. Namun mereka hanya mendapatkan potongan biaya kuliah sebagian.

Orang-orang yang berusia 50-an akan mendapatkan potongan biaya kuliah 50 persen, 60 persen untuk yang berusia 60-an, dan seterusnya.

Pada akhirnya, siapa pun yang berusia di atas 100 tahun akan memenuhi syarat untuk kuliah empat tahun tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun.

Sora News melaporkan bahwa beasiswa ini hanya tersedia untuk program S1 dan tidak untuk program pascasarjana.

Penerima pertama 100 Years of Learning Scholarship akan memulai kelas pada musim semi berikutnya.