Senin, 10 September 2018 16:15 WITA

Konferensi Asean Association of Open University's, Universitas Terbuka Makassar Gelar Pelatihan

Penulis: Yuniastika Datu
Editor: Adil Patawai Anar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Universitas Terbuka Makassar,  menggelar Pelatihan Karya Ilmiah berbasis penelitian,  terhadap dosen UT Makassar, Senin (10/9/2018). 

Kepala Pusat Penelitian-LPPM UT, M. Gorky Sembiring mengatakan, kegiatan ini diperuntukkan bagi dosen yang akan mengikuti kegiatan konferensi, publikasi di jurnal khususnya publikasi atau konferensi internasional, yang umumnya dilaksanakan dalam bahasa Inggris.

"Jadi kemarin di UBBJB Semarang kita berbagi pengalaman,  mengingat dalam beberapa hari kedepan yaitu di sekitar akhir Oktober akan ada konferensi tahunan Asean Association of Open University's di Hanoy. Ada 40 peserta dari seluruh kantor UT di Indonesia pusat maupun daerah,  dan ada enam kelompok makalah, diantaranya berasal dari Sulawesi Selatan, lebih spesifik lagi dari UT Makassar yang akan ikut, " jelasnya saat ditemui Kampu UT Makassar, Jalan Monginsidi Baru. 

Menurutnya, ada beberapa bahasan yang menjadi perhatian dari dosen yang menulis makalah, rata-rata mengenai pelayanan Universitas Terbuka terhadap mahasiswa.

"Bisa menyangkut kegiatan akademik ataupun administrasi akademik yang merupakan pendudukan untuk kegiatan akademik.  Dibagian akademik itu, ada yang menulis tentang bantuan belajar bentuk tutorial baik tutorial tatap muka atau online, atau ada juga supporting lainnya," ucapnya. 

"Ada juga teman-teman disini yang melakukan penelitian cara menyiapkan tutorial agar baik dalam pelaksanaannya dan mahasiswa mendapatkan pada saat ujian dapat mendapatkan nilai yang baik," katanya. 

Kegiatan tersebut dilakasanakan selama satu hari yang dibagi dalam dua bagian.

"Di pagi hari kita  menyamakan persepsi harus bagaimana melakukan penelitian yang sedemikian rupa, yang kita tulis dalam bentuk makalah, sehingga pada saat konferensi internasional ataupun di subbmit, juga dimasukkan ke jurnal-jurnal yang berpusat internasional juga. Sementara di siang hari kita mempersiapkan diri untuk melakukan penelitian-penelitian," ungkapnya.