Selasa, 28 Agustus 2018 12:22 WITA

Masuki Era Industri 4.0, FTI UMI Terapkan Teknologi MIP

Penulis: Nur Izzati
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Masuki Era Industri 4.0, FTI UMI Terapkan Teknologi MIP

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia (FTI UMI) mengenalkan teknologi Multimedia Interacative Projector (MIP) pada acara pembukaan kegiatan Asian Youth Forum 2018, Selasa (28/8/2018).

Wakil Dekan Bidang Akademik FTI UMI, Dr. Ir. Setyawati Yani menuturkan, penerapan teknologi ini bertujuan untuk menyiapkan civitas akademika, yaitu dosen dan mahasiswa serta tenaga kependidikan dalam melakukan interaksi akademik yang lebih berkualitas. 

"Melalui MIP, dosen FTI UMI ditantang untuk mengembangkan materi perkuliahan yang menarik dan sesuai untuk generasi milenial. Mahasiswa akan belajar hal-hal baru dan sesuai dengan core keilmuannya lebih luas dan menarik," kata Setyawati Yani.

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan MIP, dosen tetap bisa mengajar walaupun dia tidak sedang berada di tempat, dengan perangkat teleconference yang juga melengkapi kecanggihan alat ini. 

Seperti diketahui, FTI UMI telah bekerjasama untuk melakukan kuliah online (daring) dengan Teknik Pertambangan ITB. Alat ini akan mendukung kuliah daring ini dengan baik. 

Masuki Era Industri 4.0, FTI UMI Terapkan Teknologi MIP

Teknologi pintar yang diterapkan untuk mendukung proses akademik di FTI UMI ini memiliki fitur-fitur yang pintar (smart), maju (advance) dan interaktif. Tiga kata tersebut memperlihatkan bahwa FTI UMI sudah masuk dalam era industry 4.0 yang ditandai dengan penggunaan smart technology, dan Internet of Things (IoT).

"FTI UMI menyiapkan alat ini untuk dapat digunakan secara luas oleh mahasiswa, dosen dan bahkan tenaga kependidikan. Hal ini karena pengembangan dan interaksi dengan manusia menjadi perhatian utama bagi FTI UMI," ungkap Setyawati.

Dengan penerapan MIP ini, FTI UMI bukan saja telah memasuki era revolusi industry 4.0, namun telah memasuki revolusi industry 5.0, dimana pada revolusi industry ini peran interaksi dengan manusia. 

"FTI UMI saat ini telah menyiapkan dua perangkat MIP dan akan menambah menjadi 5 MIP sehingga semua jurusan di FTI yaitu Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Pertambangan, dan Program Profesi Insinyur tersuport dengan baik. Selamat memasuki era industry baru sivitas akademika FTI," tukasnya.

Tags