Sabtu, 25 Agustus 2018 14:41 WITA

Seminar Ilmiah Fakultas Kedokteran UMI Bahas Kesehatan Jiwa

Penulis: Yuniastika Datu
Editor: Andi Chaerul Fadli
Seminar Ilmiah Fakultas Kedokteran UMI Bahas Kesehatan Jiwa

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Clinical Education Unit (CEU) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muslim Indonesia (UMI) kembali menggelar seminar ilmiah di Auditorium FK UMI, Sabtu (25/8/2018).

Seminar yang diikuti Mahasiswa Program Profesi Dokter (MPPD) ini rutin dilakukan dengan mengangkat tema yang berbeda-beda. Kali ini, tema yang dibahas mengenai Kesehatan Jiwa yang dipandu oleh moderator dr Resky Putri Indarwati.

Pemateri pertama dr Sabir Syiwu, mengatakan, skizofernia paranoid merupakan jenis skizofrenia yang paling umum terjadi di masyarakat (bahasa awamnya gila).

Skizofernia merupakan penyakit gangguan otak yang menyebabkan penderitanya mengalami kelainan dalam berpikir, serta kelainan dalam merasakan atau mempersepsikan lingkungan sekitarnya. 

"Pengobatan skizofrenia paranoid memerlukan kombinasi dari berbagai bidang, seperti dokter, terutama psikiater, perawat, pekerja sosial, dan konselor atau terapis," jelasnya.

Sementara itu pemateri kedua, dr Saidah mengatakan, abeberapa jenis gangguan kecemasan yang sering ditemukan, seperti gangguan panik, gangguan kecemasan sosial, serta gangguan kecemasan umum atau menyeluruh (GAD). 

Seseorang yang mengalami gangguan panik akan memiliki perasaan teror yang menyerang secara tiba-tiba dan berulang kali, tanpa adanya alasan yang jelas. Gangguan kecemasan sosial merupakan rasa cemas dan takut yang luar biasa terhadap situasi sosial atau berinteraksi dengan orang lain.

"Gangguan kecemasan menyeluruh, ganguan jenis ini membuat seseorang merasakan kecemasan yang berlebihan dan tidak normal dalam waktu lama. Ganguan kecemasan muncul akibat adanya trauma yang berlebihan seperti bencana alam di Lombok itu bisa menimbulkan ganguan kecemasan," jelasnya.

Tags