Sabtu, 18 Agustus 2018 06:00 WITA

Universitas New York Tawarkan Kuliah Kedokteran Gratis

Editor: Andi Chaerul Fadli
Universitas New York Tawarkan Kuliah Kedokteran Gratis

RAKYATKU.COM - Mahasiswa kedokteran New York University menerima berita yang mengubah hidup mereka pada Kamis lalu. Kampus itu akan menanggung biaya kuliah penuh untuk semua siswa saat ini dan masa depan, terlepas dari kebutuhan atau kelayakan.

Pengumuman yang menakjubkan itu dibuat Kamis pagi pada akhir "White Coat Ceremony" tahunan, di mana mahasiswa kedokteran baru diberi jas lab putih untuk menandai dimulainya program gelar MD mereka. 

Pada saat yang sama, semua mahasiswa kedokteran NYU saat ini menerima email yang mengatakan bahwa sekolah menawarkan kepada mereka beasiswa penuh-naik juga, dikutip dari ABC News, Sabtu (18/8/2018).

"Hal terakhir kami adalah memberi tahu para siswa dan orang tua mereka bahwa, hei, uang sekolah akan dikenakan pada kami," kata Dr Rafael Rivera, dekan asosiasi untuk penerimaan dan bantuan keuangan, kepada ABC News, Kamis. "Sungguh luar biasa melihat emosi di wajah mereka."

Menurut Association of American Medical Colleges, 75 persen dari semua dokter di Amerika Serikat lulus dengan utang pendidikan pada tahun 2017. Rata-rata, dokter yang saat ini lulus dari sekolah swasta melakukannya dengan $ 202.000 dalam utang. Tekanan utang itu dapat menjauhkan para dokter baru dari penelitian, pekerjaan berbasis komunitas, dan praktik umum, yang mungkin tidak dibayar tinggi seperti spesialisasi medis.

NYU School of Medicine adalah sekolah kedokteran swasta AS pertama dan satu-satunya peringkat di 10 besar yang menawarkan kuliah gratis untuk semua siswanya, kata universitas itu dalam siaran pers. Biaya kuliah tahunan yang dicakup oleh beasiswa adalah $ 55.018.

Prakarsa uang gratis dimulai lebih dari satu dekade lalu ketika NYU menciptakan sumbangan untuk tujuan itu. Sejauh ini, universitas telah mengumpulkan lebih dari $ 450 juta dari sekitar $ 600 juta yang diperkirakan akan perlu untuk membiayai beasiswa kuliah penuh untuk semua mahasiswa kedokteran "selama-lamanya."

Langkah ini mengikuti keputusan NYU pada 2013 untuk menawarkan kurikulum tiga tahun yang dipercepat untuk program gelar MD-nya, yang juga membantu dalam memotong biaya kuliah.

Tujuannya adalah untuk memungkinkan para calon dokter "dari semua lapisan masyarakat" mengejar hasrat mereka dengan lebih sedikit stres, menurut Dr. Robert Grossman, dekan NYU School of Medicine dan CEO NYU Langone Health.

"Kami pikir itu adalah keharusan moral karena sangat sulit bagi mahasiswa kedokteran untuk menanggung beban utang sekolah kedokteran, serta tambahan beban waktu pelatihan," kata Grossman kepada ABC News, Kamis.

Rivera mengatakan prospek utang keuangan yang menakutkan memiliki "efek yang merugikan pada perawatan pasien" oleh "menakut-nakuti" siswa berbakat dari karir di bidang kedokteran dan, pada dasarnya, menyebabkan kekurangan dokter dan kurangnya keragaman.

"Kami tidak ingin hutang ini menggantung di kepala mereka dan membujuk mereka untuk mengejar karir yang penuh gairah," kata Rivera kepada ABC News.