Senin, 06 Agustus 2018 14:07 WITA

Bukti Poltek Pariwisata Negeri Makassar Semakin Diminati

Editor: Adil Patawai Anar
Bukti Poltek Pariwisata Negeri Makassar Semakin Diminati

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Politeknik Pariwisata Negeri Makassar, menggelar Sidang Senat Terbuka Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2018/2019 dan Kuliah Umum, di Balairung I wayan Bhendi Kampus Poltekpar Negeri Makassar Jl. Gunung Rinjani, Tanjung Bunga Makassar, Senin (6/8/2018).

Kuliah Umum dibawakan oleh Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata Ir. Rizki Handayani Mustafa, MBTM. 

Kegiatan tersebut diawali dengan pembukaan Sidang terbuka yang dipimpin oleh Ketua Senat Akademik Politeknik Pariwisata Negeri Makassar Drs. Muhammad Arifin, M.Pd.

Kemudian dilanjutkan dengan laporan Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2018/2019 H. Herry Rachmat Widjaja, MM.Par. 

Dalam laporannya, Herry mengatakan total jumlah Mahasiswa yang diterima melalui Jalur SBMPTNP dan SMM 609 orang. Sehingga total keseluruhan mahasiswa Politeknik Pariwisata Makassar Tahun 2018 ini sebanyak 2.092 Mahasiswa, meningkat dari 1.485 orang atau setara dengan 41%.

Seusai pelaporan Ketua Panitia Pensisba, acara kemudian dilanjutkan dengan Penandatangan Berita Acara Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2018/2019 oleh Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru bersama Direktur Politeknik Pariwisata Makassar disaksikan oleh Ketua Senat Akademik Politeknik Pariwisata  Negeri Makassar dan Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan. 

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Janji Mahasiswa Dibacakan oleh Refo Purnawan dan Melanie Sabrina diikuti oleh seluruh Mahasiswa Baru.

Dalam sambutannya, Direktur Poltekpar Negeri Makassar Dr. H. Muhadjir Suni, M.Pd. mengatakan, setiap tahunnya jumlah peminat dan pendaftar terus semakin meningkat. Sekiranya seluruh mahasiswa baru dapat berbangga hati dapat bergabung dengan civitas poltekpar negeri Makassar karena telah terpilih dari ribuan peminat dan pendaftar.

"Harap agar seluruh mahasiswa baru dapat berkuliah dengan bersungguh-sungguh memanfaatkan kesempatan yang telah didapatkan," jelasnya.

Sementara Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata RI Ir. Rizki Handayani Mustafa, MBTM. mengatakan, para mahasiswa merupakan sumber energi dari bangsa dan mahasiswa Poltekpar Makassar semua adalah sumber energi dari pariwisata Indonesia.

"Mahasiswa dari kampus vokasi diberi keterampilan yang tidak diberikan di kampus akademik. Kalian dibekali oleh ilmu dan keterampilan. Maka nikmatilah ilmu dan proses kuliah yang kalian dapatkan," tambahnya.

Ia juga mengatakan bahwa para lulusan kampus pariwisata merupakan front liner bagi pariwisata Indonesia sehingga mereka harus meningkatkan kemampuan berbahasa asing.

Seluruh mahasiswa juga harus aktif mencari sendiri apa mengenai informasi kejadian terkini yang ada di dunia melalui pemanfaatan internet. 

"Kalian diharapkan bukan hanya memajukan wilayah Sulawesi Selatan tetapi juga hingga menguasai Wilayah Timur Indonesia. Selain itu alumni poltekpar harus bisa menjadi entrepreneur, terkhusus bidang Food and Bevarage agar tidak berfikir hanya menjadi pekerja namun harus menjadi pengusaha dan menghadirkan lapangan kerja. Saya juga mengharapkan agar mahasiswa dapat dikirim untuk mengikuti kompetisi di tingkat internasional, minimal tingkat regional ASEAN," tutupnya.