Sabtu, 28 Juli 2018 19:04 WITA

Seminar Fakultas Kedokteran UMI Bahas Penyakit Endokrine

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Seminar Fakultas Kedokteran UMI Bahas Penyakit Endokrine

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Clinical Education Unit (CEU) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muslim Indonesia (UMI) kembali menggelar seminar ilmiah, di Aula Gedung FK UMI, Sabtu (28/7/2018).

Seminar yang diikuti sekitar 200-an Mahasiswa Program Profesi Dokter (MPPD) ini rutin dilakukan dengan mengangkat tema yang berbeda-beda. Tema yang di bahas kali ini mengenai penyakit Endokrine.

Pemateri pertama, dr. Makbul Aman, Sp.PD mengatakan, tiroid merupakan gangguan pada kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid yang terletak di leher tepatnya di bawpenyakit ah jakun, merupakan salah satu bagian dalam sistem endokrin yang berfungsi untuk mengeluarkan hormon metabolisme tubuh

"Proses diagnosis penyakit tiroid membutuhkan beberapa langkah pemeriksaan yang mendetail. Jenis pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan darah, USG, pemindaian dengan isotop radioaktif, serta biopsi melalui aspirasi jarum halus," ungkapnya

Sementara itu, pemateri kedua, dr. Himawan, Sp.PD mengatakan, diabetes melitus merupakan penyakit kelainan metabolisme yang di sebabkan oleh kurangnya hormon insulin dalam tubuh seseorang. Kurangnya hormon insulin tersebut menyebabkan glukosa yang di konsumsi oleh tubuh tidak dapat di proses secara sempurna.

Keadaan ini menyebabkan penderita mengalami hiperglikimia atau kelebihan gula darah. Pada penyakit diabetes, kelebihan gula darah dapat mengakibatkan kerusakan jangkah panjang, disfungsi dan kegagalan berbagai organ, terutama mata, ginjal, saraf jantung dan pembulu darah.

"Diabetes melitus tipe 1 biasanya mengarah ke defisiensi insulin absolut yang disebabkan oleh kerusakan pada sel β pankreas. Diabetes melitus tipe 2 disebabkan oleh resistensi insulin yang menyebabkan kerusakan progresif pada sekresi hormon insulin," tuturnya.