Rabu, 25 Juli 2018 21:15 WITA

Tes Jalur Mandiri Unhas, Cara Duduk dan Kerapian Busana Turut Dinilai 

Editor: Abu Asyraf
Tes Jalur Mandiri Unhas, Cara Duduk dan Kerapian Busana Turut Dinilai 
Salah seorang peserta mengikuti tes wawancara jalur mandiri Unhas, Rabu (25/7/2018). (FOTO-FOTO: HUMAS UNHAS)

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Tes wawancara jalur mandiri Unhas, Rabu (25/7/2018) berlangsung ketat. Tes wawancara dilaksanakan serentak pada 15 fakultas di Unhas dan diikuti 2.281 peserta jakur JNS dan 228 adalah peserta Jalur POSK. 

Khusus untuk Jalur POSK, proses wawancara dipusatkan di Baruga AP Pettarani, kampus Unhas Tamalanrea.

Di Fakultas Kedokteran, setiap peserta menghadapi tiga orang pewawancara yaitu pimpinan fakultas, psikolog, dan dosen. Dekan Fakultas Kedokteran, Prof dr Budu mengatakan proses wawancara ini sangat penting karena setiap calon dinilai langsung. 

Tes Jalur Mandiri Unhas, Cara Duduk dan Kerapian Busana Turut Dinilai 

"Kami menyiapkan empat tim, masing-masing ada unsur psikolog. Kita upayakan penilaian komprehensif untuk memperoleh kandidat terbaik. Bahkan sikap dan cara duduk calon itu bisa menjadi penilaian," kata dokter ahli mata ini.

Sementara di Fakultas Hukum, setiap peserta menghadapi profesor dan dosen senior. 

"Kita tidak hanya mencari yang mau, tetapi juga yang memiliki motivasi dan karakter. Pewawancara memperhatikan juga hal-hal yang tampak seperti kerapian berbusana, perilaku, cara menjawab, termasuk tentu saja pengetahuan dasar tentang ilmu hukum," kata Prof Farida.

Pada wawancara dan verifikasi berkas untuk jalur POSK, tim verifikasi memeriksa dengan teliti bukti prestasi. Beberapa calon bahkan diminta menunjukkan langsung bakat yang menjadi prestasinya.  

Misalnya, ada calon memiliki prestasi dalam bidang olahraga bela diri karate, diminta memperagakan gerakan karate. Begitu juga yang memiliki prestasi seni suara (menyanyi) diminta saat itu juga menunjukkan kebolehannya.

Tes Jalur Mandiri Unhas, Cara Duduk dan Kerapian Busana Turut Dinilai 

Khusus untuk Fakultas Kedokteran, proses wawancara akan berlangsung selama tiga hari, hingga Jumat 27 Juli 2018. Menurut Dekan Fakultas Kedokteran, hal ini disebabkan besarnya jumlah pendaftar yang memiliki Fakultas Kedokteran, yang mencapai 831 untuk tiga program studi, yaitu Pendidikan Kedokteran (745 pendaftar), Psikologi (38 pendaftar), dan Kedokteran Hewan (48 pendaftar).

Penilaian kelulusan Jalur Mandiri Unhas untuk JNS dan POSK akan ditentukan oleh tiga variabel, yaitu hasil SBMPTN, hasil tes psikologi, dan hasil wawancara. Mahasiswa yang diterima melalui JNS dan POSK akan diumumkan pada tanggal 1 Agustus 2018. 


 

Tags