Selasa, 24 Juli 2018 22:20 WITA

Buka Jalur UMM, Prodi Manajemen Paling Diminati di UNM

Penulis: Nur Izzati
Editor: Fathul Khair Akmal
Buka Jalur UMM, Prodi Manajemen Paling Diminati di UNM
Rektor UNM, Prof Husain Syam (tengah)

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali menggelar Ujian Masuk Mandiri (UMM) tahun 2018. Ujian ini diselenggarakan selama dua hari dengan dua tes, yakni tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Keterampilan diadakan selama dua hari yakni Selasa dan Rabu (24-25/7/2018).

"Ujian tulis TPA diadakan hari ini. Sementara besok tes keterampilan bagi yang memilih Fakultas Teknik, Seni dan Desain serta Fakultas Ilmu Keolahragaan dan juga tes wawancara bagi jalur prestasi," kata Ketua Panitia Tes Jalur UMM, Prof Muh Yahya dalam jumpa persnya, Selasa (24/7/2018).

Pada tahun 2018 sendiri, UNM akan menerima 7000 mahasiswa baru. Jalur UMM adalah jalur ketiga atau terakhir masuk UNM. Sebelumnya, kampus orange telah menyeleksi ribuan mahasiswa melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UNM, Prof. Husain Syam menuturkan, UNM menerima mahasiswa baru melalui jalur undangan atau SNMPTN sebesar 30 persen atau 2100 mahasiswa. Jalur SBMPTN juga minimal 30 persen atau 2100. Dan terakhir melalui UMM dengan kuota sekitar 3000.

"Kuota UMM ini sudah termasuk penjumlah mereka yang lolos SBMPTN tapi tidak mendaftar ulang. Untuk jalur mandiri, kita akan terima 3000 (2100+10 persen dari SB) dengan total pendaftar 6200. Meningkat dibanding tahun lalu di angka 5000," papar Rektor UNM, Prof Husain Syam.

Dari 6200 pendaftar jalur UMM, program studi (prodi) Manajemen kembali menjadi favorit pertama dengan jumlah peminat 495, sementara yang mau diterima 120. Disusul Psikologi dengan jumlah peminat 346 sementara yang diterima 120.

"Prodi ketiga dengan peminat terbanyak yakni Akuntasi dengan jumlah peminat 335 dan yang akan kita terima hanya 70. Keempat Penjaskesrek, pendaftarnya 317 dan kuotanya 100 lebih. Terakhir PTIK dengan pendaftar 311 sementara kuotanya 70," tuturnya.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Rektor UNM mengeluarkan kebijakan baru berupa Jalur Prestasi di UMM ini. Pendaftar yang merupakan hafidz minimal 15 juz atau berprestasi di tingkat nasional akan bebas tes masuk.

"Ada 22 orang hafidz mendaftar. Begitu terbukti pada tes wawancara atau verifikasi, sudah pasti mereka lulus. Begitupun yang punya prestasi di tingkat nasional yang dibuktikan melalui piagam, kuotanya 86," ucapnya. 

Setelah menjalani proses pemeriksaan dan perangkingan, pengumuman bagi yang lulus tes UMM ini akan disampaikan pada 1 Agustus.

"Kita adakan proses pengawasan berlapis. Kami sebagai pengawas umum, hingga saat ini belum menemukan kendala. Secara keseluruhan pelaksanaan UMM berlangsung baik dan sempurna," tandasnya.

Tags