Sabtu, 21 Juli 2018 17:48 WITA

Seminar Fakultas Kedokteran UMI Bahas Ganguan Pada Mata

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Seminar Fakultas Kedokteran UMI Bahas Ganguan Pada Mata

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Clinical Education Unit (CEU) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muslim Indonesia (UMI) kembali menggelar seminar ilmiah, di Aula Gedung FK UMI, Sabtu (21/7/2018).

Seminar yang diikuti sekitar 200-an Mahasiswa Program Profesi Dokter (MPPD) ini rutin dilakukan setiap minggu dengan mengangkat tema yang berbeda-beda. Kali ini mereka membahas terkait Glaukoma.

Pemateri pertama, dr Marliyanti Akib menjelaskan, Glaukoma merupakan penyakit mata yang ditandai oleh kerusakan saraf mata dan dikaitkan dengan peningkatan  tekanan bola mata dan gangguan lapang penglihatan.

Glaukoma dapat merusak penglihatan dengan perlahan sehingga seringkali penderita tidak menyadari kerusakan tersebut sampai akhirnya kerusakan yang terjadi sudah pada tahap lanjut.

"Ada dua tipe glaukoma yang umum terjadi yakni Glaukoma Primer Sudut Terbuka (Primary Open-Angle Glaukoma) dan Glaukoma Primer Sudut Tertutup (Primary Angle Closure Glaukoma) dimana keduanya memiliki mekanisme yang berbeda," ungkapnya

Pemateri kedua, dr Sri Irmandha mengatakan, konjungtivitis atau mata merah merupakan  suatu jenis peradangan pada pada konjungtiva, yang meliputi depan mata sehing mata menjadi merah. Gejala Konjungtivitis lainnya selain mata menjadi kemerahan antara lain yaitu mata menjadi berair dan agak perih, dan terasa gatal.

Konjungtivitis dibagi menjadi 3 jenis, berdasarkan penyebanya yaitu, konjungtivitis iritasi, konjungtivitis alergi, dan konjungtivitis infeksi.

"Pasien yang menderita konjungtivitis akibat infeksi, bisa menularkan pada orang-orang terdekat, karena itu jika ada salah satu teman yang menderita penyakit ini sebaiknya batasi untuk sementara waktu membagi pakai barang pribadi seperti haduk, baju dan bantal. Juga segera cuci tangan dengan bersih setelah bersentuhan langsung dengan pasien yang menderita konjungtivitis infektif," tuturnya.

Tags