Rabu, 18 Juli 2018 20:08 WITA

Disdik Sulsel Tegaskan Tidak Boleh ada Perpeloncoan Bagi Siswa Baru

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Disdik Sulsel Tegaskan Tidak Boleh ada Perpeloncoan Bagi Siswa Baru

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Penjabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono akan membuka masa pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru, di Rujab Gubernur Sulsel, pada Kamis (18/7/2018), besok.

"Masa pengenalan lingkungan sekolah ini di mulai tanggal 19 sampai tanggal 21. Kegiatannya itu memperkenalkan visi misi dan program sekolah," ujar Kepala Bidang Pendidikan Menengah Disdik Sulsel, Basri. 

Selama masa pengenalan lingkungan sekolah tersebut, Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel menegaskan bahwa tidak boleh lagi ada perpeloncoan untuk siswa baru. Yang ada adalah murni pengenalan sekolah untuk siswa baru tentang perbedaan antara SMP dengan SMA. 

"Selama masa pengenalan lingkungan sekolah tidak ada lagi perpeloncoan, ini langsung diawasi oleh guru, dan Wakasek Kesiswaan pengendali utama, kemudian dibantu oleh pengurus OSIS," katanya. 

Bahkan, untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya tidak memberikan ruang penuh kepada OSIS untuk melaksanakan pengenalan lingkungan ini.

"Kita tidak berikan ruang kepada osis karena jangan sampai berdampak pada gesekan yang ada di sekolah, juga mengantisipasi  adanya perpeloncoan makanya kita tidak berikan ruang kepada OSIS, mereka hanya membantu guru dalam masa pengenalan lingkungan sekolah," tuturnya. 

Selain itu, lanjut Basri, dalam lingkungan sekolah tidak boleh ada lagi pemetaan antara siswa baru dengan siswa lama. Artinya tidak ada lagi senior ataupun junior semuanya sama belajar menuntut ilmu di satu sekolah yang sama. 

"Saya tegaskan bahwa tidak ada lagi senior junior dalam lingkungan sekolah, jika itu terjadi maka guru harus bertindak dan berikan sanksi," tutupnya.