Minggu, 15 Juli 2018 16:23 WITA

Ini 5 Prodi yang Paling Diminati Pendaftar Jalur UMM di UIN

Penulis: Nur Izzati
Editor: Abu Asyraf
Ini 5 Prodi yang Paling Diminati Pendaftar Jalur UMM di UIN
Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof Musafir Pababari

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Sebanyak 7748 calon mahasiswa baru Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar mengikuti Ujian Masuk Mandiri (UMM) di beberapa titik lokasi di Makassar, Minggu (15/7/2018).

Ribuan peserta itu memperebutkan 1372 kursi yang tersedia di 54 program studi yang ada.

Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof Musafir Pababari mengatakan, dari 54 prodi yang tersedia, ada lima prodi yang paling diminati calon mahasiswa baru, di antaranya Teknik Informatika dengan 1374 peminat, Manajemen 1312 peminat, Ilmu Hukum 952 peminat, Kesehatan Masyarakat 946 peminat, dan Farmasi dengan 863 peminat.

"Masyarakat melihat sekarang eranya digitalisasi informasi. Mungkin tren inilah yang membuat peminat prodi teknik informatika cukup tinggi," ujarnya dalam konferensi pers jalur UMM, di kampus UIN Alauddin Makassar.

Ia menjelaskan, jalur UMM merupakan jalur pendaftaran kelima UIN Alauddin Makassar setelah sebelumnya menerima ribuan mahasiswa pada jalur SNMPTN, SBMPTN, UM-PTKIN, dan SPAN-PTKIN. 

Kata dia, UMM di UIN Alauddin Makassar berbeda dengan UMM pada perguruan tinggi lain khususnya di Kota Makassar, salah satunya yakni pelaksanaan ujiannya.

"Jalur UMM di sini, kami secara mandiri yang melakukannya semua prosesnya, mulai dari proses ujian, pemeriksaan soal, hingga penentuan kelulusannya. Tahun ini kita masih gunakan PBT (Paper Based Test), Insyaallah ke depan kita akan masuk pada CBT (Computer Based Test)," jelasnya. 

Hal senada diungkapkan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof Mardan. Ia mengatakan, meski jalur mndiri ini berbeda dengan perguruan tinggi, namun acuan pelaksanaannya tetap sama seperti ujian pada tingkat nasional. 

"Pelaksanaan ujian pada jalur ini belum lewat CBT, tapi PBT. Karena komputer baru 135 yang sehat, sedangkan peminatnya ada ribuan. Tapi Alhamdulillah sampai sekarang belum ada informasi masalah dalam pelaksanaan jalur UMM ini," tuturnya.

Seperti diketahui, pelaksanaan tes jalur UMM ini hanya dilaksanakan selama satu hari. Sementara untuk hasil kelulusannya akan diumumkan pada tanggal 25 Juli mendatang.