Minggu, 15 Juli 2018 14:06 WITA

Mahasiswa Mega Rezky Ciptakan Mesin Pembuat Gigi Tiruan

Penulis: Nur Izzati
Editor: Nur Hidayat Said
Mahasiswa Mega Rezky Ciptakan Mesin Pembuat Gigi Tiruan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Mega Rezky Makassar kembali membuat inovasi dalam dunia pendidikan.

Kali ini, inovasi tersebut dilakukan oleh seorang mahasiswa Prodi DIII Teknik Gigi, Johannes Rapa, yang membuat mesin pembuat gigi tiruan sistem injeksi di STIKes Mega Rezky Makassar.

Umar Dg Palallo MKes selaku ketua prodi Teknik Gigi mengaku sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh mahasiswanya. "Kurang lebih selama dua Minggu, Dia (Johannes) mampu merakit mesin tersebut," ungkap Umar dengan senyum semringah, Minggu (15/07/2018).

Mesin yang dirakit tersebut memiliki kelebihan efisiensi waktu dibanding produk yang ada di pasaran. Dengan inovasi tersebut, Johanes mampu menghemat waktu kerja tekniker gigi.

"Teknologi yang ada di pasaran ada yang masih menggunakan inject manual seperti yang ada di lab Prodi DIII Teknik Gigi STIKes Mega Rezky, tentunya proses pencetakan giginya agak lama. Juga risiko cetakan gigi jatuh dan gagal lebih kecil," ungkap Umar.

Alumnus Universitas Hasanuddin ini mengungkapkan kelebihan lain dari mesin buatan mahasiswanya. Salah satunya yakni mesin yang sudah menggunakan injek angin (kompresor).

"Kekuatan alat mahasiswa kami pada penggunaan injek langsung kompresor tanpa harus memindahkan alat tempat gigi tercetak (kuvet)," pungkasnya.