Jumat, 06 Juli 2018 17:41 WITA

Disdik Sulsel Akan Lapor Polisi soal Situs PPDB Diserang Hacker

Editor: Mulyadi Abdillah
Disdik Sulsel Akan Lapor Polisi soal Situs PPDB Diserang Hacker
Irman Yasin Limpo

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sulsel Irman Yasin Limpo geram terhadap hacker yang menganggu pelaksanaan proses Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2018.

Untuk itu, None sapaan akrab Irman Yasin Limpo akan melaporkan serangan hacker tersebut ke Polda Sulsel. Disdik Sulsel akan menyerahkan bukti-bukit kepada Polda Sulsel untuk mengusut.

"Kami sudah laporkan semua kepada bapak Gubernur, dan melalui staf hukum kami, untuk melaporkan semua ini ke Polda untuk melacak hacker ini," ujar None, pada Jumat (6/7/2018).

Sebelumnya, Irman Yasin Limpo mengungkapkan sistem IT Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2018 diserang hacker. 

Katanya, ada sebanyak 7 juta sampah yang coba dimasukkan ke dalam E-panrita untuk merusak proses PPDB 2018 yang sementara berlangsung. 

Namun, hacker tersebut tidak sanggup menembus e-panrita Disdik Sulsel yang sudah dilindungi dengan empat server. Katanya, hacker tersebut hanya mampu menembus sampai di www.sulselprov.go.id

Sebab, e-panrita merupakan sub domain dari www.sulselprov.go.id yang merupakan domain resmi Pemprov Sulsel. Untuk itu yang diserang adalah domain utama website Pemprov Sulsel saja. Sehingga data base Disdik Sulsel yang diincar tersebut tetap aman karena tidak ditembus oleh hacker tersebut.