Senin, 02 Juli 2018 20:27 WITA

Tidak Lulus SBMPTN, Peserta Bisa Daftar Jalur Mandiri Unhas

Penulis: Himawan
Editor: Aswad Syam
Tidak Lulus SBMPTN, Peserta Bisa Daftar Jalur Mandiri Unhas
Ilustrasi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pendaftaran jalur mandiri calon mahasiswa baru Universitas Hasanuddin tahun 2018, akan kembali dibuka tidak lama usai hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 diumumkan pada Selasa (3/7/2018) besok.

Kepala unit humas dan protokoler Unhas, Ishaq Rahman, mengatakan tahun ini, kampus merah tersebut akan menerima 1.442 mahasiswa baru. Namun mengenai detail waktu terbukanya pendaftaran ini, Ishaq menyarankan untuk tetap memantau situs website resmi Unhas di http://www.unhas.ac.id/pmb. 

"Untuk jalur mandiri, Unhas menetapkan daya tampung sebanyak 1.442 mahasiswa baru," kata Ishaq, Senin (2/7/2018).

Ishaq mengatakan, jalur Mandiri Unhas tahun ini terbagi menjadi empat. Keempatnya memiliki kriteria dan syarat tersendiri untuk para calon mahasiswa baru. Untuk peserta SBMPTN yang tidak lolos, Unhas menyedikan jalur mandiri nonsubsidi. 

"Syaratnya peserta bersedia mengikuti tes psikologi dan wawancara, serta membayar dana pengembangan," imbuh Ishaq.

Jalur Prestasi Olah Raga, Seni, dan Keilmuan (POSK) merupakan bagian jalur mandiri Unhas lainnya. Syaratnya harus merupakan peserta SBMPTN, tidak lulus di SBMPTN, memiliki prestasi minimal tingkat nasional (akan diverifikasi). Termasuk melalui jalur ini menerima hafiz dan hafizah Alquran.

Dua jalur mandiri lainnya yaitu jalur kelas internasional, hanya dibuka khusus pada 7 program studi yaitu Kesehatan Masyarakat, Teknik Sipil, Manajemen, Akuntansi, Teknik Geologi, Ilmu Kelautan, dan Ilmu Hubungan Internasional.

Sementara jalur terakhir ialah Program Studi Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok. Selain melalui website resmi Unhas, Ishaq mengatakan, info mengenai jalur ini bisa diperoleh melalui telepon atau Whatsapp pada nomor 08117460411 (setiap hari kerja/jam kerja).