Minggu, 01 Juli 2018 14:11 WITA

Gelar Seminar Wirausaha, HMJM STIE Nobel Ajak Generasi Muda Berwirausaha

Editor: Abu Asyraf
Gelar Seminar Wirausaha, HMJM STIE Nobel Ajak Generasi Muda Berwirausaha
Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJM) STIE Nobel menggelar seminar kewirausahaan bertema “Pengusaha Membangun Indonesia”, Sabtu (30/6/2018).

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJM) STIE Nobel menggelar seminar kewirausahaan bertema “Pengusaha Membangun Indonesia”, Sabtu (30/6/2018).

Diketahui, kegiatan seminar yang diikuti oleh puluhan pelajar dan mahasiswa ini merupakan rangkaian acara HM to Fest 2018 yang digelar 29-30 Juni 2018 di Ballroom STIE Nobel Indonesia Makassar.

Ketua HMJM Stie Nobel, Nurman mengatakan, HM to Fest adalah event tahunan sebagai wujud kepedulian kepada generasi muda dalam pengembangan kewirausahaan. 

"Kegiatan ini menjadi media strategis agar generasi muda jangan hanya menjadi pencari kerja tetapi harus berani menjadi pengusaha atau job creator," katanya.

Kegiatan seminar ini juga menghadirkan koordinator konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Sulsel, Bahrul ulum Ilham dan ketua Asosiasi UKM Mutiara Timur, Musdalifa dan moderator pengusaha muda, M Aswan. 

Dalam kesempatan itu, Bahrul ulum Ilham yang juga ketua bidang UKM Apindo Sulsel membawakan materi “Humane Entrepreneur for Better Indonesia”.

Dikatakan, kewirausahaan adalah tulang punggung perekonomian karena pendorong perubahan, inovasi, dan kemajuan suatu negara adalah para wirausahawan. 

“Tanpa mental kewirausahaan pada diri seseorang atau suatu bangsa, maka segala potensi, sumber energi, komoditi dan mineral yang melimpah tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk kesejahteraan rakyat,” urainya.

Dosen kewirausahaan STIE Nobel ini juga menambahkan, saat ini kewirausahaan diarahkan tidak sekadar profit namun harus berkelanjutan dan bermanfaat luas bagi kemanusiaan. 

"Pengusaha jangan hanya mengandalkan kapital dan teknologi, dibutuhkan SDM yang makin produktif, kreatif, dan entrepreneurial," imbuhnya.

Sementara itu, Musdalifa yang juga owner dari browkies membawakan materi kiat-kiat praktis memulai usaha.

"Anak-anak muda harus punya karakter wirausaha yang tangguh dan andal, memiliki daya kreativitas dan inovasi yang tinggi sehingga mampu berdaya saing, harapnya," pungkasnya.